KPK akan Panggil Anggota TNI AD Terkait Bupati Mamberamo yang Buron

Bupati Mamberamo Tengah diduga kabur ke Papua Nugini

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil anggota TNI Angkatan Darat terkait buronnya Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak. Anggota TNI itu disebut berpangkat Dandim.

"Yang dipanggil oleh KPK betul salah satunya Dandim. Tapi tentu KPK saat ini belum bisa menyampaikan apa yang ditanyakan pada pihak dari TNI," kata Plt Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri, Rabu (10/8/2022).

1. KPK berkoordinasi dengan KSAD

KPK akan Panggil Anggota TNI AD Terkait Bupati Mamberamo yang BuronPresiden Joko "Jokowi" Widodo melantik Letnan Jenderal (Letnan) TNI Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada Rabu (17/11/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Ali mengatakan, KPK juga telah berkoordinasi dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. KPK berharap agar anggota TNI yang akan dipanggil itu kooperatif.

"KPK apresiasi kerja sama dan sinergi. Nanti perkembangannya pasti kami sampaikan," ujar Ali.

Baca Juga: KPK Minta Bantuan Interpol Cari Bupati Mamberamo Tengah, Ini Cirinya

2. KPK minta bantuan publik cari Bupati Mamberamo

KPK akan Panggil Anggota TNI AD Terkait Bupati Mamberamo yang BuronBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (Instagram.com/Ricky_hampagawak)

KPK juga meminta bantuan publik untuk melaporkan pada pihak berwajib apabila menemukan Ricky Ham Pagawak. KPK menyebut, Ricky memiliki tinggi sekitar 160 Cm, berat sekitar 80 Kg, dan berambut hitam.

Meski meminta bantuan publik dan interpol, KPK membantah telah lepas tangan dalam hal ini. Namun, pemberantasan korupsi merupakan tanggung jawab semua pihak.

"Bukan berarti kemudian itu kan tanggung jawab KPK, betul itu adalah tanggung jawab KPK, tetapi pemberantasan korupsi adalah peran serta kita semua," ujar Ali pada Selasa, 2 Agustus 2022.

3. Bupati Mamberamo Tengah diduga kabur ke Papua Nugini

KPK akan Panggil Anggota TNI AD Terkait Bupati Mamberamo yang BuronBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (instagram.com/ricky_hampagawak)

Adapun Ricky Ham Pagawak yang juga merupakan politisi dari Partai Demokrat, saat ini tengah menjadi buronan KPK. Meski sudah dicegah ke luar negeri, ia diduga berhasil lolos ke Papua Nugini lewat jalur darat.

KPK telah mencari keberadaan Ricky melalui orang terdekat yang diduga membantu proses kaburnya Ricky. Saat ini, tim KPK masih menganalisis keterangan dari pihak-pihak yang sudah dimintai keterangan.

Baca Juga: Brigita Manohara Akui Diberi Uang Sampai Hadiah dari Bupati Mamberamo

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya