KPK Akui Bertemu BPK Terkait Laporan Dugaan Korupsi Formula E

Sejumlah pihak sudah dipanggil KPK karena Formula E

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui telah bertemu dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hal ini terkait laporan dugaan korupsi Formula E.

"Betul kami sudah berkoordinasi dengan BPK hari Jumat lalu," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/10/2022).

1. KPK enggan sampaikan materi pembahasan dengan BPK

KPK Akui Bertemu BPK Terkait Laporan Dugaan Korupsi Formula EWakil Ketua KPK, Alexander Marwata (IDN Times/Aryodamar)

Meski begitu, KPK enggan menyampaikan pada publik mengenai hal apa yang dibahas dengan BPK. Sebab, hal itu dinilai bukan untuk dikonsumsi publik.

"Tentu substansi apa yang kami bicarakan, tentu bukan untuk konsumsi media," ujarnya.

Baca Juga: Wakil Ketua KPK Minta Maaf Sebut Hakim Agung Kena OTT KPK

2. KPK bantah pertemuan dengan BPK membahas kerugian negara Formula E

KPK Akui Bertemu BPK Terkait Laporan Dugaan Korupsi Formula EWakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam Konferensi pers setelah acara PAKU Integritas yang diikuti Kemenkes di KPK pada Selasa (26/10/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Alex menampik pertemuan itu sudah membahas dugaan kerugian negara dalam Formula E. Sebab, hal ini masih dalam tahap penyelidikan.

"Tapi prinsip dalam penghitungan kerugian negara itu ketika kasus ini sudah naik ke tahap penyidikan. Itu sudah jadi SOP di BPK atau di BPKP. Saya 20 tahun jadi auditor tentu memahami hal tersebut," ujar Alex.

3. Sejumlah pihak sudah dipanggil KPK karena Formula E

KPK Akui Bertemu BPK Terkait Laporan Dugaan Korupsi Formula EGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung KPK pada Rabu (7/9/2022). (IDN Times/Aryodamar)
  1. IniDiketahui, KPK mulai mengusut kasus ini setelah adanya laporan dari masyarakat mengenai dugaan tindak pidana korupsi. Saat ini KPK masih mengumpulkan informasi awal dengan memanggil sejumlah pihak.

Beberapa pihak yang sudah dipanggil antara lain perwakilan PT Jakpro dan Pemprov DKI, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasaetyo Edi Marsudi, pimpinan Komisi E DPRD DKI, hingga mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal.

Anies Baswedan juga telah diperiksa KPK. Saat itu, Anies diperiksa sekitar 11 jam di Gedung Merah Putih KPK.

Baca Juga: Mobil Formula 1 Vs Formula E, Mana yang Lebih Kencang?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya