Comscore Tracker

Mobil Formula 1 Vs Formula E, Mana yang Lebih Kencang?

Publik masih penasaran, mana sih yang lebih kencang

Jakarta, IDN Times - Formula E akan hadir ke Jakarta pada 4 hingga 6 Juni 2022 mendatang. Menjadi menarik, karena ini kali pertama balapan mobil sekelas Formula E bisa digelar di Indonesia.

Tentunya, publik masih penasaran seberapa kencang mobil Formula E bisa melaju. Pun, apakah mobil Formula E secepat Formula 1?

Buat kamu yang mau tahu, berikut IDN Times sajikan faktanya seperti dikutip berbagai sumber.

1. Mobil Formula E lebih lambat

Mobil Formula 1 Vs Formula E, Mana yang Lebih Kencang?ilustrasi formula E (ANTARA/REUTERS/Charles Platiau/File Photo)

Mobil Formula E nyatanya lebih lambat ketimbang Formula 1. Mengapa begitu? Komposisi mesin jadi faktor utama mobil Formula E lebih lambat ketimbang Formula 1.

Dalam mobil Formula 1 terdapat internal combustion engine yang berbasis penggunaan bahan bakar fosil. Tentunya, dengan teknologi ini, kecepatan mobil Formula 1 lebih tinggi.

Rata-rata, mobil Formula 1 bisa mencapai kecepatan 300 kilometer per jam. Sedangkan, mobil Formula E kecepatannya cuma 280 kilometer per jam.

Komparasi lainnya adalah mobil Formula E baru bisa mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dalam jangka waktu tiga detik. Sedangkan, mobil Formula 1 cuma butuh 2,1 detik demi mencapai kecepatan tersebut.

Baca Juga: Mobil Balap dan Perlengkapan Tim Formula E Tiba di Jakarta

2. Mobil Formula E tak berisik

Mobil Formula 1 Vs Formula E, Mana yang Lebih Kencang?formula1.com

Kelebihan mobil Formula E adalah tidak berisik. Kebisingan mobil Formula E cuma 80 desibel. Ini setara dengan kemacetan harian yang terjadi di Jakarta.

Sementara, mobil Formula 1 sudah pasti memekakkan telinga. Sebab, tingkat kebisingannya mencapai 134 desibel, setara dengan pesawat yang hendak lepas landas. Jadi, sebenarnya lebih enak nonton Formula E, karena telinga tak berdengung.

Baca Juga: 7 Mantan Pembalap Formula 1 yang Musim Ini Berlaga di Formula E

3. Lebih berat mana, mobil Formula 1 atau Formula E?

Mobil Formula 1 Vs Formula E, Mana yang Lebih Kencang?Antonio Giovinazzi (fiaformulae.com)

Terkait bobot, ternyata mobil Formula E lebih berat ketimbang Formula 1. Bila ditumpangi pembalap, mobil Formula 1 bobot maksimalnya adalah 702 kilogram.

Bandingkan dengan mobil Formula E, bobotnya dengan pembalap mencapai 898 kilogram. Ini bisa dimaklumi karena komponen mobil Formula E lebih rumit dan banyak.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya