KPK Nilai Wajar Banyak Pejabat Pajak Punya Moge

Tunjangan pejabat pajak Kemenkeu sampai Rp100 juta

Jakarta, IDN Times - Banyak pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang memiliki motor gede (Moge). Bahkan, mereka bisa membuat klub bernama Belasting Rijder.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai ini adalah hal yang wajar. Sebab, mereka dinilai mampu membeli moge.

"Kan misalnya rata-rata kalau saya liatin kemarin kan Kawasaki, Honda Rebel kan harganya sekitar Rp150 jutaan," kata Wakil Ketua KPK Alexander Mawarta di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (2/3/2023).

1. Wakil Ketua KPK sebut pejabat pajak punya tunjangan besar

KPK Nilai Wajar Banyak Pejabat Pajak Punya MogeWakil Ketua KPK, Alexander Marwata (Dok. Humas KPK)

Alex mengatakan, pejabat Ditjen Pajak punya tunjangan besar. Oleh karena itu, ia menilai pejabat pajak memiliki moge adalah hal wajar.

"Dengan penghasilan di Ditjen Pajak yang dirjennya tukinnya (tunjangan kinerja) Rp100 juta setingkat direktur sekitar Rp60 sampai Rp80 juta, bagi kami hal yang wajar," ujar Alex.

Baca Juga: Ramai Seruan Tak Usah Bayar Pajak, Dirjen Pajak Buka Suara

2. Masyarakat disarankan tidak langsung berpikiran negatif

KPK Nilai Wajar Banyak Pejabat Pajak Punya MogeWakil Ketua KPK, Alexander Marwata (IDN Times/Aryodamar)

Masyarakat diminta tidak berpikiran negatif ketika melihat pejabat memiliki moge. Sebab, harga mobil lebih mahal.

"Kalau dia bisa membeli mobil Innova misalnya, masyarakat melihat itu wajar. Cuma kan masyarakat melihat ketika seseorang itu melihat motor yang bukan kebanyakan wah ini sudah bermewah-mewahan ini. Padahal kan harganya segitu juga," ucap Alex.

3. Sri Mulyani minta klub Moge Belasting Rijder dibubarkan

KPK Nilai Wajar Banyak Pejabat Pajak Punya MogeMenteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (Youtube.com/Indonesia Stock Exchange)

Sebelumnya, klub motor Belasting Rijder yang beranggotakan pegawai pajak menjadi sorotan publik. Menteri Keuangan Sri Mulyani pun memerintahkan klub tersebut dibubarkan.

"Beberapa hari ini beredar di berbagai media cetak dan online, foto dan berita, Dirjen Pajak Suryo Utomo mengendarai Motor Gede (MoGe) bersama klub BlastingRijder DJP, yaitu komunitas pegawai pajak yang menyukai naik motor besar," tulis Sri Mulyani.

Baca Juga: Rubicon Anak Pejabat Ditjen Pajak Ternyata Nunggak Pajak Rp6,9 Juta

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya