KPK Panggil Andhi Pramono dan Wahono Saputro Hari Ini

Keduanya akan diklarifikasi LHKPN dan hartanya

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Krorupsi (KPK) memanggil Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, dan Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur, Wahono Saputro, Selasa (14/3/2023). Mereka akan dimintai klarifikasi kekayaannya masing-masing.

"KPK telah mengirimkan surat undangan kepada saudara Wahono dan Andhi Pramono untuk permintaan klarifikasi atas LHKPN keduanya, Selasa," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK bidang Pencegahan, Ipi Maryati, dalam keterangannya yang dikutip hari ini.

Baca Juga: Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Juga Dipanggil KPK Besok

1. Keduanya akan diklarifikasi terkait LHKPN dan hartanya

KPK Panggil Andhi Pramono dan Wahono Saputro Hari IniJuru Bicara KPK Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, keduanya akan diperiksa mulai pukul 09.00 WIB. Klarifikasi akan dilakukan Tim LHKPN KPK.

"Klarifikasi ini dilakukan oleh Tim LHKPN Kedeputian Pencegahan KPK setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan terhadap data LHKPN yang sudah dilaporkan bersangkutan ke KPK," ujarnya.

2. Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono disorot publik

KPK Panggil Andhi Pramono dan Wahono Saputro Hari IniKepala Bea Cukai Makassar Andhi Purnomo disoroti soal aset rumah mewah yang diduga miliknya. (Dok. Bea Cukai Makassar)

Andhi Pramono sempat viral di media sosial. Dalam sebuah video yang beredar, Andhi disebut memiliki rumah mewah di kawasan Cibubur. Berdasarkan LHKPN terakhirnya, Adhi tercatat punya kekayaan Rp13,7 miliar. Kekayaannya terdiri dari berbagai sumber.

Ia tercatat punya 15 tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai daerah. Nilainya mencapai Rp6,9 miliar.

Selain itu, Andhi tercatat punya 13 kendaraan sehara Rp1,8 miliar. Ia punya surat berharga senilai Rp2,9 miliar, kas dan setara kas dengan nilai Rp1,2 miliar, serta harta bergerak lainnya Rp706 juta.

Baca Juga: Harta Wahono Saputro, Pejabat Pajak yang Terseret Kasus Rafael Alun

3. Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur Wahono Saputro disebut terkait dengan Rafael Alun

KPK Panggil Andhi Pramono dan Wahono Saputro Hari IniKepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur, Wahono Saputro (facebook.com/Wahono Saputro)

Adapun KPK memanggil Wahono Saputro karena disebut berkaitan dengan Rafael Alun. Istri Rafael, Erni Torondek dan istri Wahono disebut memiliki saham di perusahaan yang sama.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, menyebut saham perusahaan yang dimiliki Erni dan istri Wahono bergerak di bidang properti. Perusahaan itu disebut berada di Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 2022 untuk periodik 2021, Wahono memiliki kekayaan senilai Rp14,3 miliar.

Ia tercatat memiliki lima bidang tanah dan bangunan dan lima bidang tanah. Jumlahnya bernilai Rp12,6 miliar.

Wahono melaporkan, dirinya punya tiga mobil senilai Rp930 juta. Mobilnya antara lain Honda CRV, Honda HRV, dan Toyota Camry.

Tak hanya itu, Wahono tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp252 juta, kemudian surat berharga Rp288 juta, serta kas dan setara kas Rp1,6 miliar. Namun, ia punya utang Rp1,5 miliar.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya