KPK Periksa Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan Hari Ini

Dahlan harusnya diperiksa KPK pekan lalu

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan eks Menteri BUMN Dahlan Iskan hari ini. Ia akan diperiksa sebagai saksi dugaan korupsi pengadaan LNG Pertamina.

"Betul. Sesuai panggilan yang sudah disampaikan untuk hadi di Gedung KPK," ujar juru bicara KPK Ali Fikri, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga: KPK Akan Periksa Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan 14 September 2023

1. Dahlan Iskan harusnya diperiksa pekan lalu

KPK Periksa Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan Hari IniMantan Menteri BUMN Dahlan Iskan saat berada di UIN Walisongo Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dahlan Iskan seharusnya diperiksa KPK pada Kamis, 7 September 2023. Namun, ia tidak memenuhi panggilan dan meminta penjadwalan pemeriksaan ulang.

Tim Penyidik KPK kemudian menjadwalkan pemeriksaan Dahlan hari ini.

Baca Juga: Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan Diperiksa KPK di Kasus LNG Pertamina

2. Kasus ini diduga rugikan negara Rp2 triliun

KPK Periksa Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan Hari IniDahlan Iskan (Didik Suhartono/ANTARA FOTO)

Kasus ini awalnya diusut Kejaksaan Agung. Namun, KPK melakukan koordinasi untuk mengambil alih kasus yang diduga merugikan negara Rp2 triliun ini.

KPK sejauh ini telah menemukan sejumlah bukti terkait berupa dokumen. Meski begitu pengumpulan bukti dan keterangan masih dilakukan KPK.

2. KPK disarankan bekerja sama dengan Kajagung

KPK Periksa Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan Hari IniKoordinator MAKI Boyamin Saiman (IDN Times/Aryodamar)

Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menilai, KPK perlu bekerja sama dengan penegak hukum lain seperti Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam menangani kasus tersebut. Hal ini dinilai akan mempercepat pengusutan kasus dugaan korupsi itu.

"Sangat diperlukan kerja sama dengan Kejagung, karena Kejagung lebih dulu melakukan penyelidikan dan saya yakin banyak hal yang bisa digali secara bersama untuk mempercepat penuntasan perkaranya," kata Boyamin pada September 2022.

Baca Juga: Dahlan Iskan: Kinerja Ahok sebagai Komut Pertamina Bakal Sulit Dinilai

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya