KPK Usut Transaksi Keuangan Bupati Mamberamo Tengah

Bupati Mamberamo Tengah saat ini menjadi buronan KPK

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut transaksi keuangan yang dilakukan Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak yang diduga merupakan hasil korupsi.

Pengusutan tersebut dilakukan KPK dengan memeriksa seorang wiraswasta bernama Elly Setyowati.

"Hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan pengetahuan saksi soal penggunaan uang oleh tersangka RHP yang diduga dari hasil korupsi," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri, Rabu (3/8/2022).

1. KPK juga usut transaksi perbankan Bupati Mamberamo Tengah

KPK Usut Transaksi Keuangan Bupati Mamberamo TengahBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (Instagram.com/Ricky_HamPagawak)

KPK juga turut memanggil dan memeriksa dua pegawai Bank Papua, yakni Emanuel Elosak dan Merry Elisabeth Maruanaya. Mereka diperiksa terkait transaksi perbankan yang dilakukan oleh Ricky Ham Pagawak.

"Kedua saksi hadir dan dikonfirmasi, antara lain terkait pengetahuan saksi terkait dugaan adanya beberapa transaksi perbankan dari tersangka RHP," ujarnya.

Baca Juga: KPK Minta Bantuan Interpol Cari Bupati Mamberamo Tengah, Ini Cirinya

Baca Juga: Cari Bupati Mamberamo Tengah, KPK Minta Bantuan Gubernur Papua

2. KPK sempat periksa Nowela Idol dan Brigita Manohara

KPK Usut Transaksi Keuangan Bupati Mamberamo TengahBrigita Manohara dikenal sebagai salah satu presenter berita salah satu televisi swasta. (Instagram/brigitamanohara)

Sebelumnya, KPK juga sempat memeriksa penyanyi jebolan Indonesian Idol, Nowela Elizabeth Mikelia Auparay dan Presenter TV, Brigita Manohara. Keduanya mengakui menerima uang Ricky terkait dengan pekerjaannya.

Nowela mengaku diberi uang atas jasanya mengisi acara Partai Demokrat di Mamberamo Tengah, sedangkan Brigita diberi uang atas pekerjaannya sebagai presenter dan konsultan komunikasi.

Jika Brigita mengembalikan uang yang dibayarkan kepadanya sebesar Rp480 juta, tetapi  Nowela tidak diminta mengembalikan uang kepada KPK.

3. Bupati Mamberamo Tengah saat ini menjadi buronan KPK

KPK Usut Transaksi Keuangan Bupati Mamberamo TengahBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (Instagram.com/Ricky_hampagawak)

Adapun Ricky Ham Pagawak yang juga merupakan politisi dari Parta Demokrat, saat ini tengah menjadi buronan KPK. Meski sudah dicegah ke luar negeri, ia diduga berhasil lolos ke Papua Nugini lewat jalur darat.

KPK telah mencari keberadaan Ricky melalui orang terdekat yang diduga membantu proses kaburnya Ricky. Saat ini, tim KPK masih menganalisis keterangan dari pihak-pihak yang sudah dimintai keterangan.

Baca Juga: Gak Cuma Anggota TNI, Polisi juga Bantu Bupati Mamberamo Tengah Kabur 

Baca Juga: Dicegah KPK ke Luar Negeri, Bupati Mamberamo Tengah Kabur Lewat Darat

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya