Pasien Positif Virus Corona di RSPI Sulianti Bisa WA dan Video Call 

Kerabat dilarang menjenguk pasien

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso Mohammad Syahril memastikan, dua pasien terinfeksi virus corona saat ini dalam kondisi baik. Keduanya disebut sudah tidak demam dan sesak napas.

"Tinggal batuk-batuk yang sedikit. Tidak sesak napas," kata Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (3/3).

Baca Juga: 2 Orang Suspect Virus Corona di RS Sulianti Saroso Ternyata Negatif

1. Kerabat dilarang menjenguk pasien

Pasien Positif Virus Corona di RSPI Sulianti Bisa WA dan Video Call RSPI Sulianti Saroso (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Meski dalam kondisi baik, rumah sakit masih tidak mengizinkan kerabat pasien menjenguk. Sebab, ruang isolasi merupakan zona merah yang tak dapat dimasuki sembarang orang.

"Kami pun yang masuk harus pakai alat," ujar Syahril.

2. Pasien masih bisa komunikasi lewat telepon

Pasien Positif Virus Corona di RSPI Sulianti Bisa WA dan Video Call Direktur Utama RSPI Prof dr Sulianti Saroso, Mohammad Syahril (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Meski tak bisa dijenguk, Syahril mengatakan, pasien bisa komunikasi lewat telepon. Sebab, walau sedang diisolasi pasien masih diizinkan komunikasi via telepon.

"Di sana dia bisa ber-WA, telepon, video call," kata Syahril.

3. Dua pasien positif virus corona merupakan ibu dan anak

Pasien Positif Virus Corona di RSPI Sulianti Bisa WA dan Video Call Suasana RSPI Sulianti Saroso (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Dua pasien tersebut merupakan ibu 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebelumnya mengatakan, salah satu di antara mereka sempat menjalin kontak dengan warga Jepang yang positif terjangkit virus corona.

Keduanya diketahui menderita virus corona setelah diumumkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Senin (2/3). Jokowi menyampaikan, kasus tersebut diketahui pemerintah setelah adanya isu warga negara Jepang yang positif terkena virus corona setelah berkunjung ke Indonesia.

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Kemenkes: Virus Corona akan Mati dalam Waktu 10 Menit

Topik:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya