Comscore Tracker

Pemprov DKI Belum Izinkan Car Free Day, Ini Jawaban Wagub Riza Patria

Bisa menimbulkan kerumunan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum berencana melaksanakan car free day di ibu kota. Sebab, pelaksanaannya bisa berpotensi menyebarkan virus corona.

"Sampai hari ini car free day belum dibuka," tegas Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (21/10/2020).

1. Potensi penularan COVID-19 terjadi saat car free day

Pemprov DKI Belum Izinkan Car Free Day, Ini Jawaban Wagub Riza PatriaWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (IDN Times/Aryodamar)

Riza mengatakan, saat orang-orang berolahraga dengan bersepeda tetap bisa menjaga jarak. Namun, aktivitas yang dilakukan masyarakat sebelum dan sesudah bersepeda yang rawan terjadi penularan COVID-19.

"Kumpulnya sambil istirahat (dan) ngobrol kan kerumunan, sehingga sementara sejak kita lakukan PSBB ketat ya belum kita buka, kita tutup," jelas Riza.

Baca Juga: PSBB Ketat Jakarta Berakhir, Besok PSBB Transisi Diterapkan

2. Pemprov DKI Jakarta sempat buka CFD saat pandemik COVID-19

Pemprov DKI Belum Izinkan Car Free Day, Ini Jawaban Wagub Riza PatriaIlustrasi bersepeda (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Pemprov DKI Jakarta sempat membuka kembali CFD ketika pandemik COVID-19 belum mereda. Hal itu menuai kritikan karena banyaknya pelanggaran protokol kesehatan. Bahkan, lima orang peserta CFD sempat dinyatakan reaktif usai menjalani rapid test.

Kemudian, Pemprov DKI Jakarta juga sempat membuka puluhan kawasan khusus bersepeda yang jumlahnya sering berubah karena masuk zona merah.

3. Sebanyak 97.217 orang di Jakarta

Pemprov DKI Belum Izinkan Car Free Day, Ini Jawaban Wagub Riza PatriaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga Rabu (21/10/2020) sudah 97.217 orang dinyatakan positif COVID-19 di Jakarta. Dari jumlah itu, 82.178 di antaranya sudah sembuh dan 2.105 lainnya meninggal.

Adapun kasus COVID-19 aktif yang masih menjalani perawatan telah mencapai 12.935 orang.

Baca Juga: Car Free Day Ditiadakan, Goweser Tetap Ramaikan Sudirman-Thamrin

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya