Penerobos Jalur Sepeda di Jakarta Pusat dan Timur Tidak Ditindak

Lalu lintas pagi hari sangat padat di beberapa lokasi

Jakarta, IDN Times - Setelah melakukan serangkaian uji coba jalur sepeda, aturan tilang sejatinya diterapkan mulai Senin (25/11). 

Namun, pantauan IDN Times di sejumlah titik di kawasan Jakarta Timur dan Pusat masih banyak pelanggar yang belum ditindak. Padahal aparat kepolisian beserta petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta berjaga seperti biasanya.

1. Lalu lintas padat, pengendara sepeda sedikit

Penerobos Jalur Sepeda di Jakarta Pusat dan Timur Tidak DitindakPelanggar di jalur sepeda (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Untuk memantau hari pertama penerapan tilang bagi penerobos di jalur sepeda, IDN Times berkeliling dari Kampung Melayu, Jatinegara, Matraman, Proklamasi, Salemba, Diponegoro, Imam Bonjol, Medan Merdeka Selatan, MH Thamrin, Kebon Sirih, Cideng Barat dan Cideng Timur. 

Di lokasi-lokasi itu masih banyak ditemukan penerobos jalur sepeda baik dari kendaraan roda dua maupun empat. Penerobosan terjadi ketika kondisi jalan padat dengan kendaraan bermotor, namun tak terjadi ketika jalanan lengang.

Sejak pukul 07.00 hingga 10.00 WIB tak banyak ditemukan pengendara sepeda yang melintas di jalurnya.

Baca Juga: Biar Gak Kena Denda, Ini 3 Hal Tentang Jalur Sepeda Jakarta

2. Penerobos sudah tahu aturan

Penerobos Jalur Sepeda di Jakarta Pusat dan Timur Tidak DitindakPelanggar di jalur sepeda (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Sejumlah pengendara mengaku telah mengetahui aturan di jalur sepeda. Namun, banyak yang tetap memilih masuk ke jalur sepeda.

"Iya tahu. Tapi, mau gimana ini jalanan padat banget. Saya buru-buru," kata pengendara motor bernama Opik yang ditemui IDN Times di kawasan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Senada dengan Opik, pengendara motor bernama Dita juga tahu tentang aturan itu tapi tetap menerobos jalur sepeda.

"Kalau transportasi umumnya nyaman dan tepat waktu sih saya sudah naik daripada macet begini," jelasnya.

3. Polisi menindak pelanggar ganjil-genap

Penerobos Jalur Sepeda di Jakarta Pusat dan Timur Tidak DitindakPelanggar di jalur sepeda (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Aparat kepolisian yang bertugas di beberapa lokasi terlihat menilang pengendara mobil yang melanggar kebijakan ganjil-genap, padahal di tempat yang sama banyak penerobos jalur sepeda.

Seperti di kawasang Cideng, Jakarta Pusat. Ada dua mobil berwarna silver dan hitam yang ditindak oleh polisi namun penerobos jalur sepeda masih bebas melintas. 

Namun, jalur sepeda di di kawasan Medan Merdeka Selatan steril dari pelanggar karena setiap pengendara yang hendak masuk ke dalam jalur sepeda langsung diperingatkan oleh petugas Dishub DKI Jakarta.

Baca Juga: Hati-Hati, Terobos Jalur Sepeda Mulai Hari Ini Bakal Kena Tilang!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya