Perayaan HUT Jakarta ke-493 Digelar Virtual, Catat Daftar Acaranya!

Ada Jakarta Great Online Sale sampai tur virtual

Jakarta, IDN Times - Perayaan Hari Ulang Tahun Jakarta ke-493 dipastikan akan berbeda dari sebelumnya. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan, perbedaan gelaran tahun ini hanya terkait tata cara dalam merayakan HUT Kota Jakarta.

Jika sebelumnya, dalam rangkaian perayaan HUT Kota Jakarta banyak diisi dengan kegiatan luar ruang dengan kerumunan besar, maka pada masa pandemik ini perlu membiasakan diri dengan kegiatan di dalam ruang tanpa kerumunan besar, bahkan dengan kegiatan virtual.

"Berbagai kebiasaan baru tersebut tidak mengurangi substansi dari HUT Kota Jakarta, yaitu mensyukuri sekaligus merefleksi kemajuan kita. Kita pun bisa tetap menemukan suka ria dalam bentuk baru melalui berbagai kegiatan yang baru familiar di masa pandemik ini," ujarnya melalui keterangan tertulis pada Sabtu (20/6).

1. Beragam acara dilaksanakan secara virtual

Perayaan HUT Jakarta ke-493 Digelar Virtual, Catat Daftar Acaranya!IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Saefullah menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan beragam acara virtual yang bisa dinikmati masyarakat dalam rangka ulang tahun Jakarta. Tujuannya, agar masyarakat tetap berada di rumah.

"Ragam acara tersebut, di antaranya Festival Jakarta Great Online Sale, Tur Virtual di beberapa tempat menarik di Jakarta, hingga beragam program seru yang bisa ditonton secara streaming di Beritajakarta.tv," jelasnya.

Baca Juga: CFD di Jakarta Dibuka Lagi Hari Ini, Terlarang bagi Ibu Hamil dan Anak

2. Ada festival belanja online

Perayaan HUT Jakarta ke-493 Digelar Virtual, Catat Daftar Acaranya!Sejumlah pengunjung terlihat berbelanja setelah Mal di Jakarta resmi dibuka kembali pada 15 Juni 2020 (IDN Times/Athif Aiman)

Berbeda dengan sebelumnya, kegiatan Jakarta Fair maupun Festival Jakarta Great Sale pada pusat-pusat pembelanjaan Jakarta belum dapat dilaksanakan pada masa pandemik ini untuk mencegah terjadinya keramaian. Saefullah mengatakan, Pemprov DKI mengadakan Festival Jakarta Great Online Sale.

Festival belanja tersebut akan dilaksanakan pada 22-30 Juni 2020, namun sejumlah platform akan mulai pada 20 Juni 2020, di mana masyarakat dapat turut membantu UMKM Jakarta pada masa pandemik melalui platform belanja online

3. Daftar rangkaian acara ulang tahun Jakarta ke-493

Perayaan HUT Jakarta ke-493 Digelar Virtual, Catat Daftar Acaranya!Warga berkerumun saat malam Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Patung Ondel-Ondel Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (23/5/2020). Meski Provinsi DKI Jakarta masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) namun saat malam Idul Fitri 1441 H, sejumlah tempat di Ibu Kota masih ramai dengan kerumunan orang. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Berikut rincian rangkaian acara virtual untuk merayakan HUT Ke-493 Kota Jakarta:

1. Jakarta Great Online Sale: berkolaborasi dengan 8 platform / e-commerce yang memberikan penawaran menarik untuk masyarakat dalam bertransaksi secara online.

2. Tur Virtual: Taman Margasatwa Ragunan, Sea World Ancol, Planetarium, 5 Museum di Jakarta, Air Mancur Menari, dan melihat indahnya kota Jakarta dari ketinggian.

3. Gubernur Menyapa Warga: Gubernur Provinsi DKI Jakarta akan mengobrol santai membahas soal Jakarta melalui Live Zoom Meeting dari Balai Kota bersama Walikota / Bupati beserta Dewan Kota dan Dewan Kabupaten di Kantor Walikota / Bupati; Camat dan Lurah di Kantor Kecamatan beserta perwakilan RW/RT, FKDM, PKK, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, dan Tokoh Agama.

4. Zoom Meeting Gubernur dan Wakil Gubernur:
- Live Zoom Meeting dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta bersama 40 warga terpilih yang memberikan video ucapan HUT Kota Jakarta terbaik dan terkreatif melalui akun media sosial Instagram Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta dan @jsclounge).
- Live Zoom Meeting dengan para Duta Besar Sister City untuk membahas Jakarta Now and Future dalam rangka HUT Jakarta. 

Baca Juga: Pakar: Anies Harus Pakai Momen HUT Jakarta untuk Lepas dari COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya