Pesawat Pilatus Tergelincir di Paniai Papua, Tabrak Permukiman Warga

Awak pesawat dan penumpangnya sudah dievakuasi

Jakarta, IDN Times - Pesawat jenis Pilatus SMAR PK-SNB di Nabire, Papua, dikabarkan tergelincir. Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal membenarkan kabar tersebut.

Ia menerangkan, pesawat tersebut mendarat dari Nabire ke lapangan terbang Bayabiru, Paniai. Saat mendarat tiba-tiba pesawat tergelincir.

“Ketika sedang landing tiba-tiba pesawat tergelincir dan ban kanan pesawat masuk parit serta baling-baling pesawat depan menabrak permukiman penduduk yang berada di sekitar lapangan terbang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/2/2022).

1. Tak ada korban jiwa dan luka

Pesawat Pilatus Tergelincir di Paniai Papua, Tabrak Permukiman WargaKepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Ahmad Mustofa Kamal. (dok. Humas Polda Papua)

Meski sempat menabrak permukiman warga, hingga saat ini tak tercatat adanya korban jiwa maupun luka-luka. Kecelakaan itu diduga terjadi akibat kondisi landasan  yang licin akibat hujan dan juga landasan tidak rata karena terletak dengan posisi menanjak.

“Kasus Pesawat tergelincir tersebut sudah ditangani oleh Sat Reskrim Polres Paniai,” kata Kamal.

Baca Juga: Trigana Air Tergelincir di Bandara Halim, Pengamat Soroti Perawatan

2. Awak pesawat dan penumpangnya sudah dievakuasi

Pesawat Pilatus Tergelincir di Paniai Papua, Tabrak Permukiman WargaPesawar Pilatus SMART PK-SNB tergelincir di Paniai, Papua (Dok. IDN Times/Istimewa)

Ahmad mengatakan, saat ini tim terkait telah mengevakuasi awak pesawat termasuk empat penumpang dan bawaannya. Menurutnya, para awak pesawat telah dijemput.

“Untuk saat ini 2 pilot Pesawat Pilatus PK - SNB an. Capt. David Alonso dan Capt. Febrian telah dijemput dengan menggunakan Helly dari Baya Biru dengan tujuan Nabire,” ujarnya.

3. Pesawat tergelincir akibat roda kanan pesawat bermasalah

Pesawat Pilatus Tergelincir di Paniai Papua, Tabrak Permukiman WargaPesawar Pilatus SMART PK-SNB tergelincir di Paniai, Papua (Dok. IDN Times/Istimewa)

Dari informasi yang diterima IDN Times, pesawat itu tergelincir akibat roda kanan pesawat yang bermasalah. Akibatnya, salah satu pesawat Susi Air sempat delay karena tak diizinkan mendarat di lokasi sampai kecelakaan selesai ditangani.

Baca Juga: 3 Pesawat Tempur, Helikopter Super Puma dan 2 KRI Siaga di Ambalat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya