Ridwan Kamil, Gubernur Paling Gaul dan Populer di Media Sosial

Kang Emil akan hadir di IMS 2019!

Jakarta, IDN Times – Ridwan Kamil resmi dilantik sebagai Gubernur Jawa Barat pada 5 September 2018. Sebelumnya, pria yang akrab disapa Kang Emil ini pernah lima tahun menjabat sebagai Wali Kota Bandung sejak 2013.

Namun, aktivitasnya sebagai kepala daerah tak menghalangi Kang Emil eksis di layar lebar. Salah satu film tanah air yang menjadikannya cameo adalah Dilan 1990.

Suami dari Atalia Praratya yang akrab disapa Bu Cinta ini, juga dikenal akrab dengan millennials lantaran keaktifannya di jagat media sosial. Celoteh spontan dan lucu kerap dilontarkan Kang Emil saat membalas komentar para followers-nya, baik di Instagram maupun Twitter.

Akhir pekan nanti, dia bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan menjadi pembicara dalam panel diskusi di Indonesia Millennial Summit (IMS) 2019, di Hotel Kempinski, Jakarta, Sabtu (19/1).

Sebelum datang ke IMS 2019, yuk simak sekilas tentang Kang Emil!

1. Arsitek lulusan ITB yang pernah kuliah di Amerika Serikat

Ridwan Kamil, Gubernur Paling Gaul dan Populer di Media SosialInstagram/@ridwankamil

Ridwan Kamil merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Arsitektur. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat mengambil bidang Urban Design pada 1999.            

Setelah bertahun-tahun di Negeri Paman Sam, Kang Emil kembali ke Indonesia dan mendirikan sebuah konsultan arsitektur dan desain bernama Urbane. Sejumlah karya arsitektur pernah ia hasilkan seperti Museum Tsunami di Aceh dan Kampus 1 Universitas Tarumanegara.

2. Mengawali karier politik sebagai Wali Kota Bandung

Ridwan Kamil, Gubernur Paling Gaul dan Populer di Media Sosial ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Karier politiknya berawal dengan menjabat sebagai Wali Kota Bandung 2013. Saat itu ia bersama Oded Danial diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk bersaing dengan tujuh pasang lainnya.                            

Emil-Oded berhasil menang dengan meraih lebih dari 45 persen suara warga Bandung. Kemenangan itu cukup telak karena di peringkat kedua pasangan Edi Siswandi-Erwan Setiawan yang diusung Partai Demokrat, Hati Nurani Rakyat (Hanura), Bulan Bintang (PBB), Persatuan Pembangunan (PBB) hanya mampu meraih lebih dari 17 persen suara.

Setelah jabatannya berakhir, Emil memutuskan maju sebagai Gubernur Jawa Barat didampingi UU Ruzhanul Ulum sebagai wakilnya. Pasangan yang diusung PPP, Partai Kebangitan Bangsa (PKB), Nasional Demokrat (Nasdem), dan Hanura serta didukung Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Berkarya ini pun mampu meraup 32,9 persen suara rakyat Jawa Barat.

Baca Juga: 3 Pesan Ridwan Kamil Buat Kamu yang Main Medsos dan Menanggapi Hoaks

3. Populer di media sosial dan pernah tampil di beberapa film maupun sinetron serial

Ridwan Kamil, Gubernur Paling Gaul dan Populer di Media SosialInstagram/@ridwankamil

Unggahannya yang jenaka dan kekinian membuat Kang Emil menjadi salah satu politikus yang cukup populer di Indonesia. Berdasarkan pantauan IDN Times pada Minggu (13/1) jumlah pengikut Instagram dan Twitternya saja hanya mampu dikalahkan oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo .

Kang Emil pernah beberapa kali muncul dalam sinetron maupun film sebagai cameo yakni sinetron Preman Pensiun, film The Wedding & Bebek Betutu, Total Chaos, dan Dilan 1990.

4. Indonesia Millennial Summit hadirkan lebih dari 50 pembicara

Ridwan Kamil, Gubernur Paling Gaul dan Populer di Media Sosial(Poster Indonesia Millennials Summit) Istimewa

Kang Emil menjadi salah satu dari lebih dari 50 pembicara dari berbagai bidang dan latar belakang yang akan hadir dalam Indonesia Millennial Summit pada Sabtu (19/1) di Hotel Kempinski, Jakarta. Selain Emil, beberapa pembicara yang turut hadir diantaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Maudy Ayunda, Najwa Shihab dan masih banyak lagi.

Dalam IMS 2019, IDN Times meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019. Survei hasil kerja sama IDN Research Institute dengan Alvara Research Center ini melibatkan 1400-an responden di 12 kota. Dalam survei ini, IDN Times menggali aspirasi dan DNA millennial di Indonesia. Simak hasilnya di IMS 2019, dan ikuti perkembangannya di situs IDN Times.

Kamu tertarik ingin menjadi bagian dari IMS 2019? Buruan klik ims.idntimes.com untuk mendapatkan tiket IMS. Tiket terbatas!

Baca Juga: Canda Ridwan Kamil Soal Lembaga Unik  BP3APK2BPMPD Ada di Jabar

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya