Sandiaga Uno: Perempuan Tulang Punggung Kesejahteraan Bangsa

Perempuan telah mendominasi sektor pariwisata dan ekraf

Tabanan, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan bahwa perempuan saat ini telah menjadi tulang punggung kesejahteraan bangsa. Oleh karena itu, kehadiran perempuan tak bisa dipandang sebelah mata.

"Dulu di perempuan memiliki keterbatasan struktural dan kultural, sekarang jangan pandang sebelah mata. Justru perempuan ini yang membangkitkan kita pascapandemik," ujar Sandiaga dalam sambutannya secara virtual pada acara Bimbingan Teknis di Desa Wisata Tegaljadi, Kabupaten Tabanan, Bali, Jumat (25/8/2023).

1. Perempuan telah mendominasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

Sandiaga Uno: Perempuan Tulang Punggung Kesejahteraan BangsaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno usai menghadiri Sidang Tahunan MPR DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Selasa (16/8/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sandiaga mengungkapkan, saat ini perempuan telah mendominasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Menurutnya perempuan era modern cerdas dan piawai.

"Secara global 54 persen pekerja pariwisata adalah perempuan. Di Indonesia malah lebih tinggi 55 persen," ujarnya.

"Bahkan di Indonesia 65 persen pelaku UMKM Ekonomi Kreatif dan pariwisata itu perempuan dan sudah hampir 50 persen penjualannya melalui media online," tambah dia.

Baca Juga: Sandiaga: Jangan Jegal Prabowo Lewat Gugatan Batas Usia Capres

2. Pelatihan di bidang pariwisata dan UMKM penting

Sandiaga Uno: Perempuan Tulang Punggung Kesejahteraan BangsaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno kembali berkunjung ke Kaldera Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Rabu (17/7/2023) (dok. Menparekraf)

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk memajukan pariwisata dan UMKM adalah memberdayakan perempuan melalui pelatihan. Di Desa Wisata Tegaljadi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar pelatihan digital marketing untuk para perempuan.

"Desa wisata ini jadi program unggulan kami karena memasarkan destinasi wisata pascapandemik, ini justru dipusatkan di destinasi seperti desa wisata dan produk ekonomi kreatif khusus di Tabanan," ujarnya.

3. Menteri PPPA dorong dibangunnya desa wisata yang berdayakan perempuan

Sandiaga Uno: Perempuan Tulang Punggung Kesejahteraan BangsaMenteri PPPA Bintang Puspayoga (IDN Times/Aryodamar)

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mendorong dibentuknya desa wisata yang memberdayakan perempuan.

Bintang menilai pelatihan digital marketing yang diterima perempuan di Desa Tegaljadi sangat kekinian dan bermanfaat, kususnya bagi UMKM.

"Pemasaran itu akan lebih memudahkan ibu-ibu, hanya di rumah, pemasaran online, akan jadi sousi bagi ibu-ibu agar bisa memberikan pengasuhan terbaik pada putra putrinya," ujarnya.

Baca Juga: Menteri PPPA Minta Kementerian hingga Ormas Dengarkan Suara Perempuan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya