Survei SMRC: 81,7 Persen Puas Kinerja Jokowi, Tertinggi selama Menjabat

81,7 persen responden puas dengan kinerja Jokowi

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Saiful Munjani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru mengenai evaluasi publik atas kinerja pemerintah. Berdasarkan hasil survei SMRC pada 30 April hingga 7 Mei 2023 diketahui mayoritas responden puas dengan kinerja Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Kalau kita gabung dua kategori cukup puas dengan sangat puas, maka kita bisa mengatakan ada 81,7 persen masyarakat yang merasa sangat atau cukup puas dengan kerja presiden Jokowi. Sementara yang kurang atau tidak puas sama sekali adalah 17,3 persen," ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam rilis survei virtual, Jumat (19/5/2023).

1. Tingkat kepuasan pada Jokowi menjadi rekor tertinggi selama menjabat

Survei SMRC: 81,7 Persen Puas Kinerja Jokowi, Tertinggi selama MenjabatPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Deni menyebut tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi kali ini menjadi rekor tertinggi selama menjabat. Sebelumnya, rekor tingkat kepuasan masyarakat kepada Jokowi mencapai 78 persen.

"Salah satu temuan yang penting adalah tingkat kepuasan ini relatif sangat tinggi," ujarnya.

Baca Juga: Survei: Prabowo Masuk Putaran 2 Pilpres Bila Lawan Ganjar dan Anies

2. Tingkat kepuasan pada Jokowi naik dua kali lipat

Survei SMRC: 81,7 Persen Puas Kinerja Jokowi, Tertinggi selama MenjabatPresiden Joko "Jokowi" Widodo (dok. Sekretariat Presiden)

Pada awal Jokowi menjabat sebagai Presiden, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerjanya berdasar survei SMRC hanya mencapai 41 persen. Survei tersebut dilakukan pada Juni 2015.

"Jadi terlihat ada kenaikan dua kali lipat tingkat kepuasan kinerja Presiden Jokowi di mata masyarakat," ujarnya.

3. Presiden SBY juga pernah capai tingkat kepuasan tertinggi

Survei SMRC: 81,7 Persen Puas Kinerja Jokowi, Tertinggi selama MenjabatSusilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Twitter/@SBYudhoyono)

Deni menjelaskan, tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi juga pernah terjadi pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan nilainya melampaui rekor tertinggi Jokowi saat ini yakni 85 persen.

"Itu setelah pemilihan Presiden 2009. Tapi kemudian setelah mencapai angka tertinggi itu, kepuasan pada Presiden SBY mengalami penurunan," ujarnya.

Survei nasional dilakukan secara tatap muka pada 30 April sampai 7 Mei 2023. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum.

Dari populasi itu dipilih secara random dengan metode multi stage random sampling 1.220 responden kemudian didapat 1.020 responden yang dapaty diwawancarai secara valid atau 84 persen.

Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Survei: Duet Prabowo-Erick Thohir Menguat Kalahkan Anies-AHY

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya