Survei: Prabowo Masuk Putaran 2 Pilpres Bila Lawan Ganjar dan Anies

Ada 4 alasan responden unggulkan Prabowo

Jakarta, IDN Times - Lingkarai Survei Indonesia (LSI) Denny JA melakukan jajak pendapat terkait dengan siapa calon presiden (capres) yang bisa lolos ke putaran kedua Pilpres 2024, bila ada tiga kandidat.

Diketahui, saat ini ada tiga bakal capres yang disebut-sebut akan maju sebagai capres pada Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Dalam survei tersebut, Prabowo disebut sebagai capres yang bisa lolos ke putaran kedua Pilpres 2024. LSI Denny JA melakukan survei pada 3-14 Mei 2023 dengan melibatkan 1.200 responden.

Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tatap muka dengan margin of error 2,9 persen. Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, mengatakan syarat capres yang lolos ke putaran berikutnya bila ada tiga kandidat itu minimal harus memiliki suara 33,3 persen.

"Sekarang dari tiga capres itu siapa sosoknya? Dari data kami, memang nama yang muncul adalah Prabowo Subianto," ujar Adjie dalam paparan hasil surveinya, Jumat (19/5/2023).

Dalam survei itu, responden yang memilih Prabowo ada 33,9 persen, Ganjar Pranowo 31,9 persen dan Anies Baswedan 20,8 persen.

Baca Juga: Prabowo Subianto Didampingi Iwan Bule Temui Jusuf Kalla

1. Ada empat alasan responden menganggap Prabowo unggul

Survei: Prabowo Masuk Putaran 2 Pilpres Bila Lawan Ganjar dan AniesKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Adjie menerangkan, ada empat alasan responden menganggap Prabowo unggul. Pertama, mayoritas pemilih ingin capres yang memiliki strong leader untuk menumbuhkan ekonomi.

Kedua, pemilih Ganjar beralih ke Prabowo Subianto, ketiga, Prabowo dianggap berpengalaman di pemerintah pusat, setelah menjadi Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju.

Kemudian keempat, Ketua Umum Partai Gerindra itu dianggap menjadi tokoh sentral yang banyak diterima spektrum politik.

"Jadi, ini alasan Prabowo unggul dan bisa masuk ke putaran kedua," ucap dia.

Baca Juga: Survei: Duet Prabowo-Erick Thohir Menguat Kalahkan Anies-AHY

2. Dukungan ke Ganjar turun untuk pertama kalinya

Survei: Prabowo Masuk Putaran 2 Pilpres Bila Lawan Ganjar dan AniesGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, dalam survei LSI Denny JA kali ini, suara Ganjar menurun untuk pertama kalinya pada Mei 2023. Padahal, dalam survei sebelumnya suara Ganjar selalu naik.

Berikut hasil survei Ganjar selama 2022 hingga 2023:
- Mei 2022: 27,9 persen
- September 2022: 31,3 persen
- Januari 2023: 37,8 persen
- Mei 2023: 31,9 persen.

3. Penolakan terhadap Piala Dunia U-20 jadi salah satu penyebab turunnya suara Ganjar

Survei: Prabowo Masuk Putaran 2 Pilpres Bila Lawan Ganjar dan AniesPemred IDN Times Uni Zulfiani Lubis saat berbincang dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di rumah dinas Puri Gedeh Gajahmungkur. (IDN Times/Fariz Fadianto)

Ada tiga penyebab turunnya suara Ganjar dalam survei yang dilakukan LSI Denny JA. Pertama, efek negatif batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Kedua, dinilai bukan tipe pemimpin yang kuat, dan ketiga status Ganjar ketika dideklarasikan sebagai capres dengan diksi petugas partai PDI Perjuangan.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/53Ybi4o52d8

Topik:

  • Rochmanudin
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya