Survei: Duet Prabowo-Erick Thohir Menguat Kalahkan Anies-AHY

Survei digelar 12 sampai 17 April 2023

Jakarta, IDN Times - Duet Prabowo Subianto dan Erick Thohir menempati posisi teratas pada simulasi pasangan untuk Pilpres 2024 yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Terekam dalam simulasi tertutup dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo-Erick Thohir berada di posisi teratas. Keduanya mampu unggul dari figur capres-cawapres untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Jarak elektabilitas keduanya menempatkan Prabowo - Erick Unggul," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangannya, Minggu (14/5/2023).

Baca Juga: AHY Sentil Jokowi Jangan Terus Endorse Capres untuk 2024

1. Duet Prabowo-Erick Thohir kalahkan Anies-AHY

Survei: Duet Prabowo-Erick Thohir Menguat Kalahkan Anies-AHYErick Thohir, Ketua Umum PSSI. (Dok. PSSI)

Dia menjelaskan, persentase kemenangan Prabowo-Erick Thohir terhadap Anies dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) cukup unggul jauh. Jarak di antara kedua pasangan ini bahkan mencapai angka sebesar sepuluh persen.

Hasil survei LSI menunjukkan Prabowo-Erick Thohir berhasil menang dengan perolehan angka sebesar 48,6 persen. Sedangkan pasangan Anies-AHY hanya memperoleh raihan sebanyak 37,9 persen.

"Keduanya berada di angka sekitar 10 persen lebih. Jarak gap 10 persen lebih," kata Djayadi.

Baca Juga: PKS: Duet Anies-Sandi Bisa Maju di Pilpres 2024

2. Survei LSI dilakukan 12 sampai 17 April 2023

Survei: Duet Prabowo-Erick Thohir Menguat Kalahkan Anies-AHYilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Elektabilitas duet Prabowo-Erick Thohir, tumbuh perkasa menjelang pelaksanaan pada Pilpres 2024 mendatang. Keduanya berada di puncak kemenangan Pilpres 2024 melawan duet Anies dan AHY jika pemilihan dilakukan pada saat sekarang.

"Perlu diketahui survei LSI dilakukan pada periode 12-17 April 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling melibatkan 1.220 responden. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," tutur Djayadi.

Baca Juga: Survei: Elektabilitas Anies Anjlok di Cagub DKI, Teratas Capres

3. Erick Thohir dinilai layak jadi cawapres Prabowo

Survei: Duet Prabowo-Erick Thohir Menguat Kalahkan Anies-AHYKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sementara itu, Peneliti Bidang Politik dari The Indonesian Institut Ahmad Hidayah menilai, Menteri BUMN Erick Thohir layak menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Ahmad menuturkan, elektoral yang menguat dan konsisten menjadi daya tarik bagi Erick Thohir dalam Pilpres 2024 mendatang.

Dia menuturkan, Erick Thohir sosok yang cocok untuk Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang, di mana mayoritas pemilih berasal dari kalangan generasi muda.

Kedua figur yang kini menjabat di kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu dianggap miliki modal yang dapat saling menguatkan keterusungan.

Di sisi lain, duet Prabowo dan Erick Thohir disebut akan unggul dalam soal kekuatan logistik besar. Sehingga hal tersebut, lanjut dia, tentu semakin membuka peluang kemenangan pada pertarungan elektoral mendatang.

“Secara finansial, Erick Thohir cukup kuat, sehingga ditambah dengan finansial Prabowo yang juga kuat, dapat meningkatkan persentase kemenangan,” ujar Ahmad dalam keterangannya kepada IDN Times, Jumat (5/4/2023).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya