Syahrul Yasin Limpo Diperiksa Polisi soal Dugaan Pemerasan Hari Ini

Syahrul Yasin Limpo diduga diperas pimpinan KPk

Jakarta, IDN Times - Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo diperiksa polisi terkait dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaan akan berlangsung di Bareskrim Mabes Polri.

"Pemeriksaannya jam 2 kalau gak salah," ujar Kuasa Hukum Syahrul Yasin Limpo, Djamaluddin, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga: 12 Senjata Api Syahrul Yasin Limpo Terdaftar Atas Nama Pribadi

1. KPK benarkan Syahrul Yasin Limpo dibawa ke Bareskrim

Syahrul Yasin Limpo Diperiksa Polisi soal Dugaan Pemerasan Hari IniJuru Bicara KPK Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Syahrul Yasin Limpo saat ini berstatus tahanan KPK. Juru bicara KPK Ali Fikri membenarkan politikus NasDem itu telah dibawa ke Bareskrim untuk diperiksa polisi.

"Informasi yang kami terima betul sudah ada proses administrasi dari Tim Penyidik KPK untuk diperiksa hari ini di Bareskrim Polri," ujarnya.

Baca Juga: Firli Bahuri Dinilai Hina dan Tak Hormati Dewas KPK

2. Firli Bahuri sempat diperiksa 7 jam

Syahrul Yasin Limpo Diperiksa Polisi soal Dugaan Pemerasan Hari IniFirli Bahuri jalani pemeriksaan terkait kasus pemerasan SYL. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Firli Bahuri juga telah diperiksa selama tujuh jam oleh penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipikor Bareskrim Polri pada Selasa (24/10/2023).

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengatakan Firli diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan terhadap Eks Mentan RI Syahrul Yasin Limpo (SYL). Keterangan dari Firli Bahuri pada pemeriksaan yang dilakukan tim penyidik gabungan, kata Ade, akan menjadi bahan konsolidasi.

Termasuk, apakah keterangannya dinilai cukup atau masih dibutuhkan tambahan dari pimpinan lembaga antirasuah itu. Ade juga mengatakan sampai hari ini sudah ada sebanyak 54 saksi yang telah diperiksa dalam tahapan penyidikan.

Baca Juga: Syahrul Yasin Limpo dan Firli Pernah Bertemu di Rumah yang Digeledah

3. Dugaan pemerasan Syahrul Yasin Limpo sudah naik penyidikan

Syahrul Yasin Limpo Diperiksa Polisi soal Dugaan Pemerasan Hari IniKetua KPK Firli Bahuri bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis (Dok.IDN Times/istimewa)

Diketahui, Polda Metro Jaya mengusut dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo. Sejumlah pihak sudah diperiksa polisi, termasuk Syahrul.

Kasus ini telah naik ke tahap penyidikan. Namun, belum ada sosok yang ditetapkan sebagai tersangka.

Firli pun mengakui sempat bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo. Namun, menurutnya pertemuan berlangsung saat politikus NasDem itu belum berperkara di KPK.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya