Usai Demo Omnibus Law, Pemprov DKI Jakarta Kumpulkan 398 Ton Sampah

Kalau dikiloin dapat berapa ya?

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup langsung bergerak mengumpulkan sampah usai demonstrasi penolakan Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja di ibu kota pada Kamis, 8 Oktober 2020 berakhir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengungkapkan, pihaknya mengerahkan hingga 74 unit armada dan 1.100 personel untuk mengangkut sampah di sejumlah lokasi demonstrasi. Rinciannya, 12 unit penyapu jalan otomatis (road sweeper), 12 unit pikap, 20 unit truk sampah anorganik, dan 30 unit truk sampah tiper.

"Kami juga siapkan seribu karung dan 500 sapu. Sampai saat ini terkumpul sampah seberat 398 ton, ada puing, pecahan kaca, dan sampah lainnya sisa dari aksi massa kemarin," ungkap Andono melalui keterangan tertulis pada Jumat (9/10/2020).

1. Dinas Lingkungan Hidup lakukan gerebek puing

Usai Demo Omnibus Law, Pemprov DKI Jakarta Kumpulkan 398 Ton SampahDinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta membersihkan sampah sisa demonstrasi massa (Dok. Dinas Lingkungan Hidup)

Andono mengatakan, petugas dan armada masih terus melakukan pembersihan jalan serta fasilitas umum dari sampah dan puing sampai sekarang.

"Sekarang kami lakukan gerebek puing di lintasan Transjakarta dari Thamrin sampai dengan Gajah Mada. Kita terus bergerak dan menyisir sampai tuntas," katanya.

Baca Juga: Anies: Kami Hormati Hak Warga untuk Ekspresikan Pendapatnya

2. Tak hanya sampah, sejumlah fasilitas umum rusak

Usai Demo Omnibus Law, Pemprov DKI Jakarta Kumpulkan 398 Ton SampahHalte Transjakarta Bundaran HI hancur setelah dibakar massa pada Demo Omnibus Law pada Kamis, 8 Oktober 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Selain menyisakan sampah, sejumlah fasilitas umum juga rusak. Pantauan IDN Times di sejumlah lokasi menemukan jalanan dan tembok yang dicoret-coret menggunakan cat semprot. Selain itu, halte bus hingga gedung Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) juga ikut hancur.

3. Fasilitas umum di Jakarta sudah bisa digunakan

Usai Demo Omnibus Law, Pemprov DKI Jakarta Kumpulkan 398 Ton SampahGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan ibu kota sudah kondusif meski sejumlah titik hancur dan dibakar. Menurutnya, hal itu tak akan mengganggu aktivitas masyarakat.

"Sejak Jumat pagi seluruh fasilitas umum akan kembali bisa digunakan," jelasnya.

Baca Juga: Anies Janji Bawa Aspirasi Demonstran saat Rapat dengan Semua Gubernur

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya