Wali Kota Bandung Yana Mulyana Segera Disidang untuk Kasus Korupsi

Yana Mulyana kena OTT saat puasa di rumahnya

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Bandung nonaktif, Yana Mulyana, akan segera menjalani sidang. Ia merupakan tersangka dugaan korupsi yang terjaring operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada April 2023.

"Hari ini telah selesai dilaksanakan penyerahan Tersangka dan barang bukti dari Tim Penyidik pada Tim Jaksa KPK dengan Tersangka YM dan kawan-kawan," ujar Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Jumat (11/8/2023).

1. KPK siap buktikan Yana Mulyana terima suap

Wali Kota Bandung Yana Mulyana Segera Disidang untuk Kasus KorupsiJuru Bicara KPK Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Ali menyebut Yana Mulyana menerima suap terkait pengadaan Bandung Smart City. KPK pun siap membuktikannya dalam persidangan.

"Tim Jaksa yang meneliti isi kelengkapan berkas perkara menyatakan lengkap dan dapat dibawa kepersidangan untuk dibuktikan," ujarnya.

Baca Juga: KPK Ungkap Andhi Pramono Jadi Komisaris Perusahaan Ekspor-Impor

2. Masa penahanan Yana Mulyana diperpanjang

Wali Kota Bandung Yana Mulyana Segera Disidang untuk Kasus KorupsiWali Kota Bandung Yana Mulyana (tengah) berada di dalam mobil tahanan usai ditetapkan sebagai tersangka pasca terjaring OTT di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Minggu (16/4/2023). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sembari mendunggu jadwal persidangan, masa penahanan Yana Mulyana kembali diperpanjang. Ia akan kembali ditahan hingga 30 Agustus 2023.

"Pelimpahan berkas perkara dan surat dakwaan ke Pengadilan Tipikor pada PN Bandung oleh Tim Jaksa dalam waktu maksimal 14 hari kerja," ujarnya.

3. Yana Mulyana kena OTT saat puasa di rumahnya

Wali Kota Bandung Yana Mulyana Segera Disidang untuk Kasus KorupsiWali Kota Bandung Yana Mulyana (kiri) mengenakan rompi tahanan KPK usai ditetapkan sebagai tersangka pasca terjaring OTT di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Minggu (16/4/2023). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Seperti diketahui, Yana Mulyana terjaring dalam tangkap tangan KPK pada Jumat, 14 April 2023 di rumah dinasnya. Ia ditangkap atas dugaan suap dan gratifikasi pengadaan CCTV dan internet untuk program Bandung Smart City.

KPK turut menyita sejumlah bukti yang ditemukan dalam tangkap tangan. Bukti-bukti yang disita antara lain uang rupiah, dolar Singapura, dolar Amerika Serikat, Ringgit, Yen, dan Bath, serta sepatu Lous Vuitton Cruise Charie senilai total Rp924,6 juta.

Baca Juga: Yana Mulyana Bagikan Uang Suap Bandung Smart City untuk Takziah

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya