Comscore Tracker

Walkot Tanjungbalai: Azis Syamsuddin yang Kenalkan Eks Penyidik KPK

Eks penyidik KPK diminta bantuan pantau Pilkada Tanjungbalai

Jakarta, IDN Times -  Mantan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial mengaku diperkenalkan dengan mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) AKP Stepanus Robin Pattuju oleh mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Pengakuan itu diutarakan ketika Syahrial bersaksi dalam sidang kasus suap Robin di Pengadian Tipikor, Jakarta Pusat.

"Pada saat itu saya ada di Jakarta dalam rangka kegiatan, malam hari saya silaturahmi ke rumah Azis Syamsuddin di Kuningan. Saya silaturahmi bicara dengan Azis, dan setelah itu Bapak Azis sampaikan ke saya ada orang yang ingin dikenalkan. Setelah itu dari pos datanglah Pak Robin," kata Syahrial yang hadir secara virtual, Senin (11/10/2021).

Syahrial dan Azis diketahui sebelumnya bernaung di partai politik yang sama, yakni Partai Golkar.

1. Perkenalan terjadi pada Juli 2020

Walkot Tanjungbalai: Azis Syamsuddin yang Kenalkan Eks Penyidik KPKMantan Wali Kota Tanjungbalai Syahrial (Instagram.com/h.m.syahrial)

Syahrial mengatakan pertemuan itu terjadi sekitar Juli 2020. Menurutnya, saat itu Azis yang menawarkan untuk mengenalkan Robin padanya, asal politikus Partai Golkar itu tak membicarakan proyek.

"Saya enggak tahu Pak awalnya. Saat saya dikenalkan, Pak Robin keluarkan name tag-nya bahwasanya penyidik KPK," kata Syahrial.

Baca Juga: KPK Jebloskan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial ke Penjara 2 Tahun 

2. M Syahrial minta bantaun AKP Robin terkait Pilkada

Walkot Tanjungbalai: Azis Syamsuddin yang Kenalkan Eks Penyidik KPKPaslon Pilkada Tanjung Balai Syahrial-Waris (Facebook Syahrial-Waris)

Setelah berkenalan, Syahrial mengaku tak banyak bicara dengan Robin. Ia hanya meminta Robin untuk memantau Pilkada Tanjungbalai yang saat itu akan diikutinya.

"Saya bilang 'Bang bantu bang saya mau Pilkada pantau-pantau Tanjungbalai', dijawab Robin 'siap kita pantau'," jelasnya.

3. AKP Robin bantah dikenalkan Azis Syamsuddin

Walkot Tanjungbalai: Azis Syamsuddin yang Kenalkan Eks Penyidik KPKMantan penyidik KPK Stepanus Robin mengikuti sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (13/9/2021). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Jaksa Penuntut Umum KPK sempat mengkonfirmasi lagi untuk menegaskan apakah yang mengenalkan Syahrial dan Robin adalah Azis. Syahrial pun kembali membenarkan hal itu.

Meski begitu, Robin yang menjadi terdakwa dalam sidang ini membantah kesaksian Syahrial. Menurut Robin, dirinya dan Syahrial tidak dikenalkan oleh Azis.

"Yang kenalakan saya ke Syahrial adalah Dedi Yulianto, ajudan dari Azis Syamsuddin," ujarnya.

Baca Juga: Eks Penyidik KPK Stepanus Robin Sebut Azis Syamsuddin 'Bapak Asuh'

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya