Comscore Tracker

IMS 2020: Menuju B100, Pemerintah Cari Alternatif Pengganti Sawit

#IMS2020 Pemerintah berambisi mencapai B100

Jakarta, IDN Times - Menteri ESDM Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah menegaskan komitmennya untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor minyak. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan pengembangan biofuel.

Hingga saat ini, hal itu sudah berhasil dilakukan lewat Biodiesel B30. Artinya solar yang dicampur dengan 30 persen fatty acid methyl ester (FAME). Pemerintah bahkan berambisi program mandatory biodiesel tersebut bisa sampai B100. Namun, ke depannya, mandatory biodiesel akan mencari alternatif selain dari sawit.

"Mengenai B100, ini semuanya kalau nanti perhitungannya kalau semua menggunakan bio-based energy, sawit kita akan habis. Kita harus cari alternatif pohon lain dan itu banyak," ujarnya dalam sesi "Energy 4.0" Indonesia Millennial Summit 2020 di The Tribata, Jakarta, Jumat (17/1).

Sayang, Suharso tidak menyebut pohon apa yang akan menjadi alternatif pengganti sawit. Namun, nantinya Kementerian ESDM bakal mengoptimalkan lahan-lahan rehabilitasi untuk ditanami pohon berbasis sumber energy tersebut.

"Antara lain menanam lahan-lahan rehabilitasi bekas kehutanan, perkebunan untuk menanam pohon berbasis energy. Sehingga kita kena namanya back to energy dan energy yang baik adalah suistaine energy," tegasnya.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times  juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/a5PUopi6Jm0

Baca Juga: IMS 2020: Suharso Monoarfa, Sosok Tak Asing di Istana Kepresidenan

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya