Comscore Tracker

Segera Surati Jokowi, Bupati Mimika Minta Freeport Ditutup Sementara

Penutupan sementara diusulkan maksimal 1 bulan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah daerah (Pemda) bersama DPRD Kabupaten Mimika, akan segera mengirimkan surat ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk mengajukan usulan penutupan PT Freeport Indonesia (PTFI). Keinginan itu disampaikan guna mencegah penyebaran wabah virus corona (COVID-19) di wilayah tambang tersebut.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan usulan penutupan PTFI dilakukan selama 14 hari hingga satu bulan. Menurut dia, jumlah karyawan yang terpapar COVID-19 di wilayah Tembagapura terus meningkat.

Eltinus mengungkapkan, hingga Jumat (8/5), sudah 56 orang di Kelurahan dan Distrik Tembagapura dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

"Ini memang baru sebatas wacana, kami akan mengirim surat ke Presiden RI di Jakarta dan semua menteri terkait untuk menutup sementara waktu operasional Freeport. Kalau karyawan di Tembagapura tetap kerja terus, kita tidak akan bisa memutus mata rantai kasus COVID-19 di Tembagapura," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Sabtu (9/5).

1. Pencegahan COVID-19 sulit dilakukan di wilayah PTFI

Segera Surati Jokowi, Bupati Mimika Minta Freeport Ditutup SementaraUpaya PT Freeport Indonesia mencegah penularan COVID-19 (Dok. Freeport Indonesia)

Bupati Eltinus mengungkapkan, pencegahan penularan COVID-19 di wilayah PTFI sulit dilakukan. Hal itu lantaran penerapan pshycal distancing sulit diterapkan.

"Karyawan itu pergi kerja sama-sama, duduk dalam bus sama-sama, naik tram sama-sama, sampai di tempat kerja sama-sama, pulang dari tempat kerja sama-sama, begitu juga saat makan sama-sama. Jadi otomatis penularannya cepat. Belum lagi suhu udara di Tembagapura dan tambang Grasberg itu sangat dingin, bahkan bisa di bawah nol derajat. Kondisi seperti itu bisa berakibat fatal jika tidak diambil langkah pencegahan secepatnya," jelas dia.

Baca Juga: 50 Orang Positif COVID-19 di Tembagapura, Begini Upaya PT Freeport

2. Bupati Mimika tunggu arahan Presiden Jokowi

Segera Surati Jokowi, Bupati Mimika Minta Freeport Ditutup SementaraDok. Biro Pers Kepresidenan

Eltinus menambahkan, PTFI merupakan objek vital nasional. Oleh karena itu, langkah untuk menutup sementara tambang emas dan tembaga tersebut perlu melalui arahan Presiden Jokowi.

"Kami hanya bisa minta arahan dan petunjuk Bapak Presiden. Kami tidak bisa mengambil langkah sendiri. Kalau memang disetujui usulan kami maka tentu akan lebih bagus untuk menyelamatkan nyawa ribuan orang yang ada tinggal di Tembagapura saat ini," jelas dia.

3. Kasus positif COVID-19 di Indonesia tembus 13.112 kasus

Segera Surati Jokowi, Bupati Mimika Minta Freeport Ditutup SementaraIlustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, jumlah kasus positif virus corona di Indonesia kini telah mencapai 13.112 kasus. Jumlah tersebut setelah mengalami penambahan 336 orang, terhitung sejak 7 Mei 2020 pukul 12.00 WIB hingga 8 Mei 2020 pukul 12.00 WIB.

"Bahwa kasus konfirmasi positif bertambah 336 orang, sehingga totalnya menjadi 13.112 orang," kata Yuri dalam keterangan persnya.

Baca Juga: 3 Langkah PT Freeport Indonesia Cegah Virus Corona

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya