Comscore Tracker

Dapat Hadiah Burung Seharga Rp100 Juta, Bupati Situbondo Lapor KPK

Karna Suswandi baru saja dilantik sebagai bupati Situbondo

Jakarta, IDN Times - Bupati Situbondo Karna Suswandi melaporkan pemberian seekor burung perkutut seharga Rp100 juta ke Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). 

Burung tersebut pemberian dari seorang pengusaha setempat, usai Karna dilantik sebagai bupati terpilih pada Jumat, 26 Februari 2021. Menurut Karna hal seperti itu termasuk ke dalam kategori gratifikasi.

"Saya segera sampaikan dan melaporkan pemberian hadiah burung ini ke KPK. Jika harus diserahkan ke negara, ya, secepatnya diserahkan, kalau bisa hari ini juga," kata Karna, seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu (27/2/2021).

Baca Juga: Deretan Penghargaan yang Diterima Nurdin Abdullah Sebelum Kena OTT KPK

1. Pemberian hadiah tidak masuk dalam rangkaian acara pelantikan

Dapat Hadiah Burung Seharga Rp100 Juta, Bupati Situbondo Lapor KPKBupati dan Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi dan Sudono, menerima ucapan selamat dari Ketua DPRD setelah pelantikan di Pendapa Dipokusumo, Jumat (26/2/2021)./Foto: Humas Purbalingga

Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Syaifullah mengklaim pemberian hadiah sebagai apresiasi dari masyarakat, tidak masuk dalam rangkaian acara (rundown) pelantikan namun diselipkan. Atas dasar itulah Karna khawatir adanya gratifikasi di balik pemberian hadiah dengan nominal yang tidak sedikit.

Usai acara penyambutan dan doa bersama Bupati dan Wakil Bupati Situbondo periode 2021-2024, Karna langsung mengembalikan dan menyerahkan burung perkutut tersebut kepada KPK untuk ditindak lanjuti.

"Ini (hadiah burung dari pengusaha) aspirasi dari masyarakat. Kalau saya tolak, nanti sakit hati. Akan tetapi, Pak Bupati sesuai dengan prosedur langsung melaporkan ke Kapolres Situbondo dan inspektorat, kemudian akan menyerahkan burung itu ke KPK," ucap Karna.

2. Pengaduan atas pemberian burung mahal sedang diproses

Dapat Hadiah Burung Seharga Rp100 Juta, Bupati Situbondo Lapor KPKANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Berdasarkan informasi yang diterima Syaifullah, laporan tersebut telah diproses di kepolisian dan ditindak lanjuti KPK, usai Bupati Karna melaporkan.

"Tadi kami langsung menyampaikan ke inspektorat dan segera berkoordinasi dengan polres terkait dengan pemberian hadiah itu. Nantinya terserah KPK, apakah disita untuk negara atau diserahkan kembali. Yang jelas bupati sudah mengembalikan," ucapnya.

3. Bupati Karna dilantik bersama sejumlah bupati lainnya di Jatim

Dapat Hadiah Burung Seharga Rp100 Juta, Bupati Situbondo Lapor KPKPelantikan Bupati Sleman, Bantul dan Gunungkidul oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Jumat (26/2/2021) / Humas Pemda DIY

Bupati dan Wakil Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Khoirani dilantik bersama kepala daerah terpilih lainnya se-Jawa Timur oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Jumat, 26 Februari 2021.

Karna dilantik pada sesi pertama pukul 09.00 WIB bersama Bupati Trenggalek, Ponurogo, Sumenep, Ngawi, dan Banyuwangi.

Baca Juga: Fakta-fakta Terkini Seputar OTT KPK Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Topic:

  • Rochmanudin
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya