Anies: JPO Bundaran HI Dicopot Minggu Ini

Pejalan kaki akan menyeberang lewat jalur bawah tanah.

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menargetkan pembongkaran Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Bundaran Hotel Indonesia (HI) selesai akhir pekan ini.

Pembongkaran ini dilakukan untuk menyambut tamu negara dalam rangka Asian Games 2018. Anies beralasan, lokasi JPO tersebut mengganggu penampakan Patung Selamat Datang. 

"Bisa kok, InsyaAllah bisa. Nanti kita copot lalu Minggu ini selesai," kata Anies di Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7).

1. Bebas memandang patung selamat datang bundaran HI

Anies: JPO Bundaran HI Dicopot Minggu IniIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dengan dibongkarnya JPO, Anies menilai masyarakat dapat bebas memandang Patung Selamat Datang di Bundaran HI. Selain itu, Pemprov DKI juga akan memperbaiki lampu pada patung selamat datang agar tampak indah.

"Jadi dengan begitu di sekitar Bundaran HI pandangannya bebas hambatan, kemudian ada lampu-lampu. Tadi malam saya periksain lampu-lampu di patung-patung. Semua lampu-lampu di patung-lampu akan dibereskan jadi InsyaAllah bisa jadi lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Pengakuan Eks Buzzer Ahok, Dibayar Rp4 Juta untuk 'Ternak' Akun

2. JPO diganti jalur bawah tanah

Anies: JPO Bundaran HI Dicopot Minggu IniIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Untuk menggantikan tempat penyeberangan, Anies berencana membangun jalur di bawah tanah. Selain itu, nanti akan ada tempat pemberhentian Transjakarta di dekat pengganti JPO itu.

"Dengan demikian, para tamu dari mancanegara dapat menyaksikan patung itu saat melintasi ruas jalan tersebut. Masyarakat tetap bisa menyeberang lewat bawah tanah," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Baca juga: Mantan Wamenkum HAM: Jadi Kalapas di Sukamiskin Itu Berat

3. Terus kejar perbaikan trotoar hingga akhir bulan

Anies: JPO Bundaran HI Dicopot Minggu IniIDN Times/Helmi Shemi

Melihat perkembangan perbaikan trotoar Sudirman-Thamrin, Anies mengaku optimis jalanan Jakarta sudah siap jelang Asian Games 2018. Ia menargetkan, trotoar di Sudirman-Thamrin selesai pada akhir Juli.

InsyaAllah Jakarta siap, jalanan rapi saat Asian Games,” kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya