Bohong Tak Mudik pada Orangtua, Pemuda Ini Akhirnya Bisa Pulang

Ia terpaksa berbohong karena tidak mau orangtuanya khawatir

Surabaya, IDN Times - Kisah unik mudik kali ini dialami salah satu mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Y.B. Abraham. Pemuda 21 tahun itu merupakan salah satu peserta #MudikAsikIDNTimes. Di salah satu postingan akun Instagram IDN Times mengenai pengumuman #MudikAsikIDNTimes, Abraham menceritakan sempat putus asa tidak mendapat tiket pulang ke kampungnya di Semarang di kolom komentar.

1. Perantau baru di Depok

Bohong Tak Mudik pada Orangtua, Pemuda Ini Akhirnya Bisa Pulang IDN Times/Helmi Shemi

Kepada IDN Times, Abraham menceritakan bahwa dia baru saja diterima kerja praktik atau magang di perusahaan farmasi di Depok, Jawa Barat, sejak 30 April lalu. Dia tinggal bersama temannya di Depok. Namun, kali ini temannya gak mudik.

"Dia gak mudik, karena gak ada rencana. Saya, kan tiap tahun mudik, biar kuliah di Yogya juga selalu mudik," katanya kepada IDN Times di Surabaya, Minggu (11/6).

2. Terancam tidak bisa mudik karena kehabisan tiket

Bohong Tak Mudik pada Orangtua, Pemuda Ini Akhirnya Bisa Pulang gazebo.id

Perusahaan tempat Abraham magang baru memberikan informasi adanya cuti pada awal Juni. Sayangnya, ketika memesan tiket untuk mudik, tak ada satu pun yang tersisa untuknya.

"Semua tiket sudah habis. Kereta dan bus habis, ada pesawat tapi bujetnya tinggi, harganya Rp 1,5 juta," ujar mahasiswa Jurusan Farmasi itu.

3. Berbohong kepada orangtua tidak mudik karena kerja

Bohong Tak Mudik pada Orangtua, Pemuda Ini Akhirnya Bisa Pulang IDN Times/Helmi Shemi

Abraham lalu menelepon ibunya dan meminta maaf gak bisa pulang kampung tahun ini. Ia berbohong dengan alasan masih kerja alias tak ada libur, karena statusnya sebagai anak magang baru di suatu perusahaan.

"Orangtua nawarin tiket, tapi saya tidak mau membebani mereka. Saya cari alasan, saya cuti tapi ditugaskan kerja. Itu cuma alasan saja. Mereka sedih, tapi merestui saya gak pulang. Mama prihatin dan paham karena lagi studi," ucap Abraham.

4. Sempat tidak percaya akhirnya bisa mudik

Bohong Tak Mudik pada Orangtua, Pemuda Ini Akhirnya Bisa Pulang IDN Times/Helmi Shemi

Di tengah rasa hampir putus asa, Abraham membuka aplikasi chat LINE di smartphone-nya dan menemukan informasi #MudikAsikIDNTimes. Pihak IDN Media menghubunginya karena Abraham sempat komentar di akun Instagram @idntimes. Beruntungnya, ia mendapatkan satu kursi untuk mudik dari Jakarta ke Semarang.

"Tiba-tiba akun IDN Times muncul di chat paling atas LINE saya. Saya buka ada gambar Jakarta-Semarang," ucapnya.

Lantas, Abraham membuka gambar dan link yang menghubungkan informasi ke akun Instagram @idntimes. "Rasanya seneng banget," katanya. "Saya senang dan langsung telepon mama. Dia senang dan terima kasih untuk Tuhan dan IDN Media yg sudah mengadakan mudik ini."

5. Cuti yang disetujui manager

Bohong Tak Mudik pada Orangtua, Pemuda Ini Akhirnya Bisa Pulang rawpixel.com

Abraham lantas menghubungi manajernya untuk mengubah jadwal cuti yang sebelumnya telah ia ajukan. Awalnya, dia cuti pada 13-19 Juni. Tapi, karena dapat kesempatan #MudikAsikIDNTimes, dia minta diubah tanggal 11-17 Juni.

"Alhamdulillah manajer saya izinkan karena sebelumnya dengar cerita saya. Ditanya sama manajer mudik apa gak. Manajer juga senang dan mengizinkan," tutur Abraham.

"Saya makin yakin kita harus selalu usaha, gak boleh putus asa.

Topik:

  • Dewi Suci Rahayu

Berita Terkini Lainnya