Jokowi Resmikan 4 Tol Baru di Jawa Timur

Jokowi juga akan meresmikan tiga tol di Jawa Tengah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meresmikan empat jalan tol di Jawa Timur hari ini, Kamis (20/12). Keempat jalan tol tersebut yakni Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 38 Km, Jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 Km, Jalan Tol Surabaya-Gempol Seksi Relokasi Porong-Gempol 6 Km, dan Jalan Tol Jombang-Mojokerto Seksi Bandar-Kertosono sepanjang 1 Km.

Dari keempat jalan tol yang diresmikan, tiga di antaranya dikelola Jasa Marga dan Kelompok Usaha Jasa Marga, yaitu Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri yang dikelola PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri, Jalan Tol Gempol-Pasuruan yang dikelola PT Jasamarga Gempol Pasuruan, Jalan Tol Surabaya-Gempol Relokasi Porong-Gempol yang dioperasikan Cabang Surabaya-Gempol. Ketiga jalan tol tersebut telah beroperasi penuh dan menjadi bagian Jaringan Jalan Tol Trans Jawa.

Baca Juga: Keluarga Korban Lion Air Tagih Janji Presiden Jokowi di Depan Istana 

1. Peresmian jalan tol berlangsung di Simpang Susun Bandar

Jokowi Resmikan 4 Tol Baru di Jawa TimurDok.IDN Times/Istimewa

Peresmian jalan tol yang berlangsung di Simpang Susun Bandar, tepatnya di Km 671 Jalan Tol Jombang-Mojokerto ini ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti secara langsung oleh Presiden Jokowi.

"Pagi hari ini akan kita resmikan empat ruas jalan tol di Provinsi Jawa Timur, yaitu Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar dan Relokasi Porong-Gempol serta Pasuruan-Grati, sepanjang 59 Km dan nantinya di Jawa Tengah akan diresmikan Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartasura sepanjang 142 Km," kata Jokowi dalam sambutannya.

2. Jokowi langsung menjajal tol baru

Jokowi Resmikan 4 Tol Baru di Jawa TimurDok.IDN Times/Istimewa

Jokowi juga menjajal jalan tol baru sepanjang 341 Km dari Surabaya menuju Jembatan Kali Kuto, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

“Kita harapkan dengan telah selesainya dan tembusnya Jakarta-Surabaya ini, kita ingin infrastruktur betul-betul punya manfaat. Lebih memudahkan, lebih murah dan lebih cepat,” kata Presiden.

Selain meresmikan empat jalan tol di Jawa Timur, Presiden juga akan meresmikan tiga jalan tol di Jawa Tengah, yaitu Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura pada hari yang sama.

3. Tol Jakarta-Surabaya sudah bisa dilalui kendaraan

Jokowi Resmikan 4 Tol Baru di Jawa TimurDok.IDN Times/Istimewa

Dengan pembukaan jalan tol di Provinsi Jawa Timur maupun Provinsi Jawa Tengah, artinya tol Jakarta-Surabaya sudah tersambung dan bisa dilalui kendaraan, yaitu panjangnya kurang lebih 741 Km.

Keberadaan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri, Tol Gempol-Pasuruan dan Tol Surabaya-Gempol Relokasi Porong-Gempol ini mendorong percepatan dan peningkatan arus barang dan jasa. Khususnya untuk wilayah Jawa Timur serta perkembangan pariwisata di daerah sekitar.

Selain itu, keberadaan jalan tol di Jawa Timur juga memberikan alternatif kepada masyarakat untuk memilih menggunakan jalan tol atau arteri.

4. Peresmian tol di Jawa Timur dihadiri sejumlah pejabat

Jokowi Resmikan 4 Tol Baru di Jawa TimurDok.IDN Times/Istimewa

Turut hadir dalam peresmian jalan tol di Jawa Timur yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna.

Kemudian, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo, Direktur Utama PT Jasamarga Gempol-Pasuruan Rahardjo, Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri Iwan Moedyarno beserta jajaran direksi kelompok usaha Jasa Marga.

Baca Juga: Erick Thohir Optimis JK Menangkan Jokowi-Ma’ruf di Timur Indonesia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya