Masjid Istiqlal Pastikan Tidak Gelar Salat Idul Fitri 

"Kami memutuskan Istiqlal kita tutup."

Jakarta, IDN Times - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar memastikan Masjid Istiqlal tidak akan menggelar salat Idul Fitri. Hal itu dikarenakan masih belum meredanya kasus COVID-19 yang ada di Indonesia.

"Setelah kami menganalisis perkembangan di internal dan eksternal Istiqlal, maka kami memutuskan Istiqlal kita tutup, tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri," kata Nasaruddin dalam konferensi pers, Selasa (11/5/2021).

1. Tidak bisa salat Idul Fitri meski orangnya dibatasi

Masjid Istiqlal Pastikan Tidak Gelar Salat Idul Fitri Masjid Istiqlal (IDN Times/Reza Iqbal)

Nasaruddin menerangkan meski diberikan kesempatan untuk tetap menggelar salat Idul Fitri dengan jumlah orang yang dibatasi, ia was-was tetap akan menimbulkan kerumunan pada satu titik.

"Memang kita diberikan kesempatan untuk membuka 10 persen terakhir. Tapi 10 persen dari 250 ribu itu sama dengan berapa? Pasti kita akan berjumpa di titik-titik temu misal pintu masuk, pentipan sandal, tangga yang sama, pulang-pergi yang sama," katanya.

Baca Juga: Buka Puasa Ditiadakan, Ini Aturan Istiqlal Selama Ramadan Tahun Ini

2. Permohonaan maaf Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal Pastikan Tidak Gelar Salat Idul Fitri Nasaruddin Umar, Imam Masjid Istiqlal (IDN Times/Aldila Muharma)

Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) juga meminta maaf kepada masyarakat yang sudah merindukan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. Nasaruddin berharap Masjid Istiqlal dapat segera dibuka kembali pada perayaan Idul Adha nanti.

"Kami mohon maaf kepada jemaah dan simpatisan pencinta Masjid Istiqlal. Mudah-mudahan insyaallah Idul Adha keadaan sudah lebih baik dan akan kita buka untuk umum," katanya.

3. Imbau Masjid lain juga tidak gelar salat Idul Fitri

Masjid Istiqlal Pastikan Tidak Gelar Salat Idul Fitri IDN Times/Marisa Safitri

Mencermati perkembangan kasus COVID-19 yang ada di Indonesia dan luar negeri, Nasaruddin juga mengimbau agar masjid raya yang ada di tiap provinsi tidak menggelar salat Idul Fitri juga demi keamanan dan kesehatan bersama.

"Kita tahu Istiqlal dicontoh oleh banyak masjid-masjid raya di tingkat provinsi. Namun Istiqlal kita tutup. Tapi tiap masjid punya hak dan kebijakannya sendiri. Kalau kami boleh mengimbau, demi terciptanya kesehatan masyarkat yang prima, mungkin ada baiknya mencontoh Masjid Istiqlal untuk menghidari meluasnya virus COVID-19," kata Nasaruddin.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Batasi Jemaah Cuma 30 Persen Selama Ramadan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya