Selnya di Lapas Sukamiskin Disidak, Begini Curhat OC Kaligis

OC Kaligis sampai berang dengan Najwa

Jakarta, IDN Times – Eks pengacara yang kini menjadi narapidana korupsi Otto Cornelis Kaligis (OC Kaligis) menyampaikan curahan hati (curhat) melalui surat yang ditujukan ke Dewan Pers. OC Kaligis merasa keberatan dengan pemberitaan yang dilakukan oleh Najwa Sihab dan Detik.com.

Minggu (22/7) malam, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami melakukan inspeksi mendadak ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Saat itu Najwa juga terlibat dalam inspeksi yang kemudian diunggah ke media sosial miliknya. Pada saat inspeksi, petugas menemukan aneka gadget seperti komputer tablet, laptop, TV, dan printer.

“Melalui surat ini saya ingin menyampaikan tanggapan atas pemberitaan dan video yang telah diberitakan dan diposting melalui: Official Account lnstagram Najwasihab dan lnstagram Mata Najwa "Pura-Pura Penjara". Di dalam sel OC Kaligis di Sukamiskin ditemukan peralatan elektronik yang beragam. Ada TV, lpad, Laptop dengan printernya hingga sound system. Ada banyak temuan lain di berbagai sel. Mulai uang tunai puluhan juta rupiah hingga kursi mewah layaknya di hotel bintang lima," demikian tulis OC Kaligis melalui surat yang diterima IDN Times, Kamis (24/7).

1. OC Kaligis keberatan dengan kehadiran Najwa

Selnya di Lapas Sukamiskin Disidak, Begini Curhat OC KaligisAntara FOTO/Adeng Bustomi

OC Kaligis menilai pemeriksaan petugas bersifat internal. Ia mengkritik Najwa yang tiba-tiba masuk ke dalam selnya bersama petugas dan mengambil gambar.

“Sebenarnya pemeriksaan petugas Lapas Sukamiskin bersifat internal. Tiba-tiba media televisi Mata Najwa masuk bersama petugas. Saya keberatan, tapi saya menghormati petugas,” ujar OC Kaligis.

Baca juga: KPK Tangkap Kalapas Sukamiskin Melalui OTT

2. Telanjang dada, OC Kaligis beralasan kamarnya tidak ada AC atau kipas

Selnya di Lapas Sukamiskin Disidak, Begini Curhat OC KaligisDok. IDN Times

Saat dilakukan inspeksi, OC Kaligis mengaku dalam keadaan baru bangun dan bertelanjang dada. Ia mengatakan dirinya enggan membuat kegaduhan

“Dalam keadaan baru bangun dan bertelanjang dada dengan terpaksa saya tidak protes untuk tidak membuat kegaduhan. Karena saya tidak mempunyai AC atau kipas angin,” keluhnya.

3. Barang mewah OC Kaligis sudah sejak lama

Selnya di Lapas Sukamiskin Disidak, Begini Curhat OC KaligisANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Ayah dari artis Velove Vexia ini mengklaim barang-barang mewah miliknya seperti Ipad dan printer sudah ia miliki sejak lama dan diketahui petugas. OC Kaligis menyebut barang-barang tersebut ia gunakan untuk membuat buku.

“lpad (untuk mengetik) dan printer saya, sudah saya miliki sejak di tahanan KPK Guntur dan itu diketahui oleh petugas. Di Rutan Guntur saya menghasilkan 4 (empat) buku, di Lapas Sukamiskin saya meluncurkan 3 (tiga) buku dalam kedudukan saya sebagai Warga Binaan. Semuanya memakai lpad dan printer saya. Sejak saya menjadi anggota persatuan wartawan Indonesia di zaman Orde Baru, alat tulis adalah bagian dari Hak Asasi saya sebagai penulis, wartawan dan akademisi. LALU APA YANG MEWAH?,” kritik OC Kaligis

Baca Juga: Banyak Menampung Koruptor, Ini Data Penghuni Lapas Sukamiskin

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya