Comscore Tracker

Viral Video Penutupan Tol Cikarang, Begini Penjelasan Jasa Marga

Sempat membuat kemacetan dan berakhir pukul 10.50 WIB

Jakarta, IDN Times - Sebuah video berdurasi 36 detik yang menunjukkan penutupan Tol Cikarang viral di media sosial. Dalam video itu, seorang pekerja berdemo menyerukan agar jalan tol segera dibuka. Salah satunya video dari akun @KING__VADUKA di Twitter.
 
"Cikarang yok Cikarang. Woy buka! Kita pekerja, kita bekerja woy, buka! Cikarang ditutup tol," kata salah seorang di video tersebut, Kamis (6/5/2021).

Akibatnya lalu lintas depan gerbang Cikarang arah Cikampek macet total.

1. Jasa Marga benarkan ada penutupan arah Cikampek

Viral Video Penutupan Tol Cikarang, Begini Penjelasan Jasa MargaDok. IDN Times/Istimewa

Baca Juga: Polisi: Jangan Coba-coba Mudik Lewat Jalur Tikus, Pasti Ketemu!

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, menjelaskan kepadatan lalu lintas terjadi sekitar pukul 07.00 sampai 08.00 WIB.

Ia membenarkan ada penyekatan atau penutupan jalan, tepatnya pada KM 31 arah Cikampek (Cikarang Barat) Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta arah sebaliknya.

2. Perintah dari kepolisian

Viral Video Penutupan Tol Cikarang, Begini Penjelasan Jasa MargaIlustrasi Roadtrip (Mudik) (IDN Times/Mardya Shakti)

Heru mengatakan, penutupan akses Cikarang Barat, dari Cikampek menuju Jakarta dilakukan atas diskresi kepolisian terkait penyekatan larangan mudik Lebaran 2021.

Hal itu bertujuan agar pengguna jalan dari Jakarta, yang diputar balik karena tidak membawa persyaratan, tidak terganggu dengan arus yang dari Cikampek akan keluar Cikarang Barat.

"Sehingga arus dari Cikampek ini diarahkan keluar setelah Gerbang Cikarang Barat, yaitu Gerbang Cibitung," ujarnya.

3. Cuma berlangsung hingga pukul 10.50 WIB

Viral Video Penutupan Tol Cikarang, Begini Penjelasan Jasa MargaPetugas Jasa Marga memonitor ruas jalan tol Semarang A-B-C melalui radio komunikasi dan CCTV. IDN Times/Dhana Kencana

Meski begitu, lanjut Heru, dengan mempertimbangkan kondisi di lapangan akhirnya pada pukul 10.50 WIB akses keluar Cikarang Barat dari Cikampek kembali dibuka. Pembukaan dilakukan atas diskresi kepolisian.

"Saat ini kondisi di titik tersebut menuju arah Jakarta dalam keadaan lancar," kata Heru.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Viral Video Penyekatan Mudik, Ini Faktanya

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya