4 Hari Hilang Kontak di Perairan Timika, Tiga Korban Ditemukan Selamat

Ketiga korban ditemukan oleh masyarakat Faka-Fuku

Timika, IDN Times – Tiga pekerja pemeliharaan jaringan 4G yang sebelumnya dikabarkan hilang kontak di perairan Timika-Sumapro, Papua Tengah, berhasil ditemukan.

Ketiga korban tersebut ditemukan dalam keadaan selamat oleh masyarakat pada Senin (23/7/2023) pagi. 

1. Ketiga korban ditemukan oleh masyarakat Faka-fuku

4 Hari Hilang Kontak di Perairan Timika, Tiga Korban Ditemukan SelamatKasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika, Charles Y. Batlajery. (IDN Times/Istimewa)

Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika, Charles Y. Batlajery, melalui siaran pers menyampaikan pihaknya menerima informasi bahwa ketiga korban tersebut ditemukan oleh masyarakat Faka-fuku. 

"Tim sar gabungan saat melakukan pencarian menggunakan RB 217 Timika pada pukul 13.19 menerima informasi dari Pak H. Ruslan (keluarga korban) bahwa 3 orang korban yang hilang kontak di antara perairan Timika-Sumapro telah ditemukan oleh masyarakat Faka-Fuku dan dievakuasi ke pelabuhan Poumako Timika," ujar Charles.

Baca Juga: Tim Pemelihara Jaringan 4G Hilang Kontak di Perairan Mimika Papua 

2. Korban dikabarkan sudah dievakuasi dalam kondisi selamat

4 Hari Hilang Kontak di Perairan Timika, Tiga Korban Ditemukan SelamatTim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap ketiga korban. (IDN Times/Istimewa)

Mendapati laporan tersebut, lanjut Charles, Tim SAR gabungan langsung menuju ke pelabuhan Poumako untuk memastikan informasi tersebut.

"Dan benar adanya bahwa ketiga korban telah dievakuasi dalam kondisi selamat," ungkap Charles.

3. Speed boat korban mengalami mati mesin

4 Hari Hilang Kontak di Perairan Timika, Tiga Korban Ditemukan SelamatKetiga korban yang hilang kontak di perairan Timika-Sumapro ditemukan selamat. (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut Charles menjelaskan bahwa berdasarkan keterangan dari salah satu korban, Saleh (50), speed boat bermesin 40 PK yang digunakan mengalami mati mesin di sekitar perairan Agimuga 2, Mimika, Papua Tengah. 

"Saat mengalami mati mesin, korban bertahan dan berusaha mencari bantuan dengan mendayung speed boat yang mereka tumpangi menuju lokasi yang diharapkan terdapat masyarakat," jelas Charles.

"Dan akhirnya pada hari ke 4 mereka hilang kontak, Senin pagi, korban berhasil ditemukan oleh masyarakat Faka-Fuku dan dievakuasi menuju pelabuhan Poumako Timika," imbuhnya.

Charles mengatakan, dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR diusulkan tutup dan potensi sar yang terlibat dikembalikan ke satuan masing-masing.

Baca Juga: Cegah Kelaparan di Puncak Papua, Panglima TNI Kirim Bantuan Logistik 5,5 Ton

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya