Auntusias Warga Mimika Ramaikan Perayaan HUT 78 RI di Papua Tengah

Lomba juga diikuti kelompok waria

Timika, IDN Times – Menyongsong hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten Mimika menggelar berbagai perlombaan. Salah satu di antaranya adalah lomba gerak jalan.

Dalam lomba gerak jalan yang berlangsung pada Selasa (8/8/2023) siang hingga malam, tercatat sebanyak 119 regu yang ikut menyemarakan, mulai dari kategori SMP, SMA, hingga umum.

Baca Juga: Pagelaran Angklung RI Masuk Guinnes World Records, Kado HUT ke-78 RI

1. Warga antusias songsong perayaan HUT RI

Auntusias Warga Mimika Ramaikan Perayaan HUT 78 RI di Papua TengahPj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, saat membawakan sambutan pelepasan peserta lomba gerak jalan. (IDN Times/Endy Langobelen)

Penjabat (Pj) Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, dalam arahannya mengapresiasi antusias masyarakat yang begitu tinggi.

Menurutnya, panitia tentu memiliki tantangan tersendiri ketika melihat masyarakat begitu tergerak untuk meramaikan setiap kegiatan menyongsong HUT RI pada 17 Agustus 2023 mendatang.

"Panitia punya tantangan yang luar biasa karena antusias peserta juga luar biasa. Panitia dan juri jangan sampai nanti ada yang komplain dengan ini, karena semua punya potensi untuk menang," ujarnya saat melepas para peserta di Graha Eme Neme Yauware, Timika, Papua Tengah.

2. Pj Bupati tekankan jiwa sportivitas dan nilai nasionalisme

Auntusias Warga Mimika Ramaikan Perayaan HUT 78 RI di Papua TengahLomba gerak jalan menyonsong HUT RI ke-78 di Timika, Papua Tengah, Selasa (8/8/2023). (IDN Times/Endy Langobelen)

Lebih lanjut Valentinus mengatakan bahwa dalam rangka menyambut HUT ke-78 RI, semua elemen wajib ikut meramaikan. 

Kepada para peserta, Valentinus juga menekankan jiwa sportivitas serta menjunjung tinggi nilai nasionalisme. Baginya hal itu sangat penting dalam memeriahkan peringatan HUT RI.

"Memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan penuh semangat dan rasa nasionalisme yang tinggi, maka pemerintah daerah ikut menyemarakkan dengan berbagai lomba. Untuk itu, saya berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi memeriahkan hari kemerdekaan bangsa kita," tuturnya.

"Bagi para peserta lomba gerak jalan, mari junjung tinggi sportivitas dan rasa nasionalisme kalian dalam berlomba. Tunjukkan penampilan dan kreativitas yang terbaik. Jadilah seorang pejuang yang tangguh dalam berlomba hingga sampai garis finish. Selamat bertanding untuk semua peserta, jadilah pemenang yang berprestasi," imbuhnya.

3. Lomba juga diikuti kelompok waria

Auntusias Warga Mimika Ramaikan Perayaan HUT 78 RI di Papua TengahSalah satu peserta regu saat menampilkan variasi terbaiknya dalam lomba gerak jalan menjelang HUT RI ke-78 di Timika, Papua Tengah, Selasa (8/8/2023). (IDN Times/Endy Langobelen)

Untuk diketahui, rute lomba gerak jalan ini melewati Jalan Budi Utomo, kemudian ke Jalan Hasanuddin, lalu ke Jalan Yos Sudarso, dan kembali ke Graha Eme Neme Yauware melalui Jalan Belibis. 

Dari pantauan IDN Times di lapangan, para peserta regu begitu antusias mengikuti lomba gerak jalan ini. Berbagai formasi dan variasi gerak ditampilkan dengan begitu semangat pada beberapa titik, tempat penilaian juri. 

Tak hanya itu, lomba gerak jalan ini juga diramaikan oleh peserta regu dari para wanita pria (waria) yang cukup menarik perhatian masyarakat Kota Timika, hingga membuat jalanan sempat macet.

Baca Juga: Buruan Daftar! Istana Siapkan 16 Ribu Undangan Upacara HUT ke-78 RI

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya