Cuaca Ekstrem di Papua, Polri Beri 1.500 Paket Bantuan

Bantuan diserahkan oleh Karolog Polda Papua

Timika, IDN Times – Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, memberikan bantuan kemanusiaan berupa 1.500 paket bahan pangan dan sejumlah pakaian kepada para korban bencana cuaca dingin ekstrem di Kabupaten Puncak, Papua Tengah.

Diketahui, saat ini, terdapat dua distrik di Kabupaten Puncak, yakni Distrik Agadungume dan Lambewi serta distrik sekitarnya yang warganya sedang mengalami bencana kelaparan akibat cuaca dingin ekstrem.

Baca Juga: Mahfud: Distribusi Bansos untuk Atasi Kekeringan Papua Terhambat Cuaca

1. Paket bantuan diserahkan oleh Karolog Polda Papua

Cuaca Ekstrem di Papua, Polri Beri 1.500 Paket BantuanPenyerahan bantuan secara simbolis oleh Karolog Polda Papua, Kombes Pol Agus Setyawan, kepada Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik, di Timika, Papua Tengah, Kamis (3/8/2023). (IDN Times/Endy Langobelen)

Paket bantuan tersebut diserahkan secara simbolis melalui Karolog Polda Papua, Kombes Pol Agus Setyawan, kepada Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik, di Posko Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Puncak yang berlokasi di Jalan C Heatubun, Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Kamis (3/8/2023).

"Jadi kami mewakili Kapolri dan Kapolda Papua, karena ada kejadian bencana sehingga kita diperintahkan untuk mewakili beliau-beliau menyerahkan secara simbolis barang-barang ataupun bahan makanan untuk saudara-saudara kita yang ada di Kabupaten Puncak," ujar Agus. 

Baca Juga: Mentan Sebut Warga Papua Tengah Meninggal Bukan Kelaparan, Tapi Diare

2. Rincian paket bantuan dari Kapolri dan Polda Papua

Cuaca Ekstrem di Papua, Polri Beri 1.500 Paket BantuanPenyerahan bantuan dari Kapolri dan Kapolda Papua kepada korban terdampak bencana cuaca dingin ekstrem di Kabupaten Puncak. (IDN Times/Endy Langobelen)

Kombes Pol Agus menjelaskan, bantuan yang diberikan oleh Kapolri berupa paket sembako sebanyak seribu paket.

"Kemudian beras 5 ton, jaket dingin ada 500 pcs, dan jaket anak-anak ada 100 pcs," paparnya.

Sedangkan dari Kapolda, lanjut Agus, diberikan sembako sebanyak 500 paket, jaket dingin 500 pcs, dan jaket untuk anak-anak sebanyak 50 pcs. 

"Semoga itu bisa bermanfaat, bisa digunakan untuk membantu menanggulangi bencana yang sedang terjadi. Ini juga merupakan bagian dari rasa empati terhadap saudara saudara kita yang lagi kena bencana di daerah Puncak," pungkasnya.

Baca Juga: BNPB: 6 Ribu Warga Papua Mengungsi Akibat Kekeringan

3. Masyarakat Kabupaten Puncak sampaikan terima kasih

Cuaca Ekstrem di Papua, Polri Beri 1.500 Paket BantuanBupati Puncak, Willem Wandik, menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. (IDN Times/Endy Langobelen)

Bupati Willem Wandik, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh Kapolri dan Kapolda Papua. 

"Kami atas nama masyarakat Kabupaten Puncak melalui pemerintah menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian dari Bapak Kapolri dan Bapak Kapolda Papua yang telah memberikan bantuan khususnya untuk distrik yang kena bencana, dalam hal ini akibat kekeringan sehingga daerah-daerah itu mengalami suatu gagal panen," kata Willem. 

"Selama ini sudah berturut-turut dan Pak Kapolri membantu untuk dukungan kepada kami. Kami menyampaikan terima kasih banyak, semoga apa yang dibantu ini akan sampai ke tempat tujuan, yaitu Distrik Agadungume dan Lambewi," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Willem mengungkapkan bahwa jumlah warga terdampak kelaparan akibat bencana kekeringan di Kabupaten Puncak sebanyak kurang lebih 10 ribu orang. 

"Dua distrik ini jumlahnya ada 7 ribu lebih ditambah dengan di sekitarnya bisa sampai 10 ribu orang yang terdampak. Puji Tuhan sejak beberapa hari terakhir ini kita sudah mulai (salurkan bantuan), pemerintah sudah masuk, bantuan sudah mulai masuk di Agadungume dan sekitarnya," ucapnya.

Baca Juga: BNPB: 7.500 Jiwa Terdampak Kekeringan dan Gagal Panen di Papua

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya