Jenazah TNI Korban Kontak Tembak di Intan Jaya Dievakuasi ke Timika

Selasa besok diterbangkan ke Kabupaten Samosir

Timika, IDN Times – Jenazah prajurit TNI Satgas Para Raider 305/TKR, Sertu Robertus Simbolon, yang merupakan korban kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Intan Jaya, telah dievakuasi ke Timika, Papua Tengah, Senin (10/4/2023). 

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, jenazah Sertu Robertus Simbolon diterbangkan menggunakan pesawat Smart Air Aviasi PK-SNP. 

Tepat pukul 09.38 waktu setempat, jenazah Sertu Robertus Simbolon tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, Kelurahan Kwamki, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika. 

Baca Juga: Kontak Tembak dengan KKB, Satu Prajurit TNI Gugur di Intan Jaya

1. Jenazah korban dibawa ke RSUD Mimika

Jenazah TNI Korban Kontak Tembak di Intan Jaya Dievakuasi ke TimikaTampak mobil ambulance Rumkitban yang membawa jenazah Sertu Robertus Simbolon ke RSUD Mimika sedang bersiap di depan kamar jenazah. (IDN Times/Endy Langobelen)

Setibanya di bandara, jenazah Sertu Robertus Simbolon langsung dipindahkan ke mobil ambulance Rumkitban, lalu dibawa menuju kamar jenazah RSUD Mimika di Jalan Yos Sudarso untuk dilakukan pemulasaran.

Humas RSUD Mimika, Luky Mahakena, mengatakan bahwa jenazah sedang dalam penanganan tim medis RSUD Mimika. 

"Kami melakukan pemulasaran kemudian akan dikasih formalin," ujar Luky. 

Baca Juga: TNI-Polri Amankan Satu Anggota KKB Wilayah Ilaga Puncak

2. Tim medis RSUD Mimika lakukan visum luar

Jenazah TNI Korban Kontak Tembak di Intan Jaya Dievakuasi ke TimikaHumas RSUD Mimika, Luky Mahakena. (IDN Times/Endy Langobelen)

Luky menyebutkan, penanganan jenazah dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP), yakni sesuai permintaan dilakukan visum.

"Penanganannya seperti biasa yang kami lakukan sesuai SOP, sesuai dengan permintaan visum dari satuan yaitu untuk melakukan tindakan visum luar," ungkap Luky.

"Tidak otopsi karena dokternya lagi tidak ada di Timika. Jadi, sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan yang kami sampaikan kepada satuan hanya cukup visum luar," imbuhnya.

Luky menambahkan, pada bagian perut dari jenazah Sertu Robertus Simbolon terdapat sebuah luka.

"Ada luka di bagian perut. Setelah ini, rencana jenazah akan dievakuasi kembali dan dibawa ke Koramil Kota untuk upacara pelepasan," ujarnya.

Baca Juga: KKB Egianus Kogoya Balas Dendam, Tewaskan Satu Prajurit TNI

3. Besok jenazah Sertu Robertus Simbolon akan diterbangkan ke Samosir

Jenazah TNI Korban Kontak Tembak di Intan Jaya Dievakuasi ke TimikaSertu Robertus Simbolon saat mendapatkan mendapatkan penangan medis. (IDN Times/Istimewa).

Dari informasi yang diperoleh IDN Times, jenazah Sertu Robertus Simbolon bakal diterbangkan Selasa (11/4/2023) ke kampung halamannya di Desa Sitao, Kecamatan Pangungguran, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Barat.

Jenazah akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat komersial yakni Pesawat Batik Air. 

Baca Juga: KKB Tembaki Aparat saat Evakuasi Jenazah TNI-Polri

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya