Kontak Tembak di Yahukimo: 2 Anggota KKB Tewas

Markas KKB Kopi Tua Heluka digerebek

Yahukimo, IDN Times - Aparat gabungan TNI-Polri menggerebek markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap XVI Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka yang berlokasi di belakang Kantor Bupati Yahukimo, Selasa (1/8/2023).  Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani, dalam keterangan tertulisnya mengonfirmasi penggerebekan tersebut dilakukan setelah adanya penyerangan dari KKB ke Pos Brimob Paradiso. 

"Penindakan ini dilakukan merespons gangguan oleh KKB pimpinan Kopi Tua Heluka di Yahukimo pada Senin (31/7/2023). Saat itu, KKB melakukan penembakan ke arah Pos Brimob Paradiso," ujar Faizal.

1. Satu anggota KKB ditangkap saat penyisiran

Kontak Tembak di Yahukimo: 2 Anggota KKB TewasKepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol. Faizal Ramadhani, S.Sos, S.I.K., M.H. (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, dijelaskan Faizal, ketika melakukan penyisiran di Pasar Lama, aparat gabungan TNI berhasil mengamankan satu orang berinisial AS yang diduga merupakan anggota KKB pimpinan Kopi Tua Heluka.  Selanjutnya, dari hasil interogasi AS, diperoleh informasi markas KKB pimpinan Kopi Tua Heluka berada di belakang Kantor Bupati Yahukimo.

"Sehingga, aparat gabungan TNI-Polri langsung merespons dengan melakukan penggerebekan terhadap markas KKB tersebut," tutur Faizal.

Baca Juga: KKB Serang Pos Brimob di Yahukimo, Tak Ada Korban Jiwa

2. Terjadi kontak tembak saat penggerebekan

Kontak Tembak di Yahukimo: 2 Anggota KKB TewasAnggota Satgas Aman Nusa I, Bharatu Jogianus Ricko, terkena luka tembak pada paha kiri. (IDN Times/Istimewa)

Faizal mengungkapkan pada saat penggerebekan, KKB melakukan perlawanan. Alhasil, terjadi kontak tembak antara KKB dan aparat di lokasi kejadian. Dari insiden itu, dua anggota KKB tewas.

"Sedangkan, satu anggota Satgas Aman Nusa I atas nama Bharatu Jogianus Ricko terkena luka tembak pada paha kiri dan telah dievakuasi ke RSUD Dekai Yahukimo untuk mendapatkan perawatan medis. Kondisinya dalam keadaan sadar," kata Faizal.

3. Sejumlah barang bukti diamankan

Kontak Tembak di Yahukimo: 2 Anggota KKB TewasSejumlah barang bukti yang diamankan saat penggerebekan markas KKB di Yahukimo. (IDN Times/Istimewa)

Sejumlah barang bukti berhasil diamankan di TKP pertama, Pasar Lama. Dari sana, petugas mengamankan satu noken berwarna putih, satu unit HP beserta charger, dan sebuah pengeras suara.

Sementara, di TKP kedua, markas KKB pimpinan Kopi Tua Heluka, barang bukti yang diamankan berupa lima pucuk senjata api rakitan laras panjang, satu senjata api rakitan laras pendek, empat butir amunisi, tiga butir amunisi call 5,56 mm, sebutir amunisi call 7,62 mm, empat busur panah, dan 60 anak panah. 

Kemudian, enam celana loreng, satu celana merah hijau, satu celana biru kuning, satu celana kuning hitam, satu celana hitam hijau, satu lembar baju merah hitam, satu tas punggung, satu celana loreng, satu celana merah-kuning, satu celana hijau-loreng, dua baju loreng, satu celana panjang hitam, satu sarung biru-putih, satu kaus abu-abu, dan 1 sweater lengan pendek biru-ungu.

Ada juga enam bilah parang, sebuah kapak, dua sarung parang warna kuning, satu tas corak loreng , satu unit HT merek Weircom, satu unit ponsel merah, sebuah pisau cukur merek vayuan, dua kunci motor, dan lainnya. 

"Satu anggota KKB inisial AS dan sejumlah barang bukti telah diamankan ke Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan dan proses identifikasi lebih lanjut," ujar Faizal.

Baca Juga: Panglima TNI Bantah Distribusi Bantuan ke Ilaga Diganggu KKB Papua

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya