OPM: Hentikan Operasi Militer dan Bebaskan Pilot Lewat Diplomasi Damai

Negosiasi harus dilakukan dengan Komnas TPNPB-OPM

Timika, IDN Times – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) meminta TNI-Polri menghentikan operasi militer di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Permintaan itu disampaikan langsung oleh Juru Bicara Komnas TPNPB-OPM, Sebby Sambom, melalui video siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (6/4/2023) siang.

Baca Juga: Satu Prajurit TNI Tewas Kontak Tembak dengan KKB di Nduga Papua

1. Hentikan operasi militer dan fokus bebaskan sandera lewat diplomasi damai

OPM: Hentikan Operasi Militer dan Bebaskan Pilot Lewat Diplomasi DamaiKKB pimpinan Egianus Kogoya menyandera pilot Susi Air, Kapten Kapten Philip Mark Merthens. (IDN Times/Istimewa)

Dalam video yang berdurasi 1 menit 53 detik itu, Sebby Sambom didampingi Kepala Staf Umum Komnas TPNPB-OPM, Mayor Terianus Satto, menyampaikan beberapa permintaannya.

"Pada hari ini, kami mau sampaikan kepada Pemerintah Indonesia dengan pimpinan militer dan polisi untuk segera hentikan operasi militer di Ndugama," tegas Sebby.

Sebby juga meminta agar pembebasan sandera oleh TNI-Polri harus dilakukan melalui jalur negosiasi damai.

"Fokus membebaskan sandera itu melalui jalur diplomasi damai, kami siap melaksanakan itu," kata dia.

Baca Juga: Satgas Damai Cartenz Bantah Serang KKB yang Sandera Pilot Susi Air

2. Negosiasi harus dengan Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM

OPM: Hentikan Operasi Militer dan Bebaskan Pilot Lewat Diplomasi DamaiJuru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom (Dok. TPNPB-OPM)

Sebby menyebutkan bahwa Pemerintah Indonesia harus melakukan negosiasi bersama Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM, bukan bersama pasukan Egianus Kogoya.

"Pemerintah Indonesia dan Pimpinan TNI Polri tidak mungkin melakukan negosiasi damai dengan Panglima Daerah, Brigadir Jendral Egianus Kogoya, dengan pasukannya" tegas Sebby. 

"Karena semua itu kepentingan bangsa Papua, maka mau tidak mau, suka tidak suka, harus bernegosiasi dengan Manajamen Markas Pusat Komnas TPNPB," sambungnya.

Baca Juga: Dandim Yahukimo Tertembak Saat Kontak dengan KKB Papua

3. Komnas HAM Papua diminta memonitor pilot Susi Air yang disandera di Nduga

OPM: Hentikan Operasi Militer dan Bebaskan Pilot Lewat Diplomasi DamaiKepala Perwakilan Komnas HAM Papua, Frits Ramandey. (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut, Sebby juga meminta Komnas HAM Papua untuk memonitor sandera pilot Susi Air dan meminta TNI-Polri menghentikan operasi militer. 

"Yang kedua, kami juga minta untuk Komnas HAM Papua, saudara Frits Ramandey dengan timnya untuk minta TNI Polri hentikan operasi militer dan juga monitor tentang sandera di Ndugama," tutur Sebby.

"Hal ini harus dilakukan, kami harap, karena saudara bekerja untuk melindungi umat Tuhan rakyat bangsa Papua Barat," tutupnya.

Baca Juga: Panglima TNI Sempat Larang Susi Air Terbang di Paro Nduga Papua

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya