Pascaserangan di Nduga, Pangdam XVII/Cenderawasih Kunjungi Timika

Mayjen TNI Izak Pangemanan hendak melihat Kodim 1710/Mimika

Timika, IDN Times – Pascaserangan gangguan keamanan yang terjadi dalam seminggu terakhir di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan, berkunjung ke Mimika, Papua Tengah, pada Rabu (31/5/2023). 

Pantauan IDN Times, Mayjen TNI Izak tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika sekitar pukul 11.30 waktu setempat. Pangdam terlihat keluar dari pintu kedatangan didampingi Danrem 172 PWY Kolonel Inf Dedi Hardono.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Marah ke KKB: Pilot Tak Dilepas Malah Tembaki TNI

1. Mayjen TNI Izak hendak kunjungi Kodim 1710/Mimika

Pascaserangan di Nduga, Pangdam XVII/Cenderawasih Kunjungi TimikaPangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak, tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, Rabu (31/5/2023). (IDN Times/Endy Langobelen)

Saat diwawancarai awak media terkait tujuan kedatangannya di Timika, Mayjen TNI Izak mengatakan bahwa dirinya hendak mengunjungi Kodim 1710/Mimika.

"Saya mau mengunjungi Kodim saya," ucap Mayjen TNI Izak singkat. 

Baca Juga: Beri KKB Uang Rp30 Juta, Pejabat Daerah di Kenyam Papua Ditangkap

2. Kedatangannya tidak berkaitan dengan penembakan di Nduga

Pascaserangan di Nduga, Pangdam XVII/Cenderawasih Kunjungi TimikaPangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak, tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, Rabu (31/5/2023). (IDN Times/Endy Langobelen)

Sementara ketika dikonfirmasi mengenai kabar penembakan di Nduga, dirinya enggan berkomentar.   

Dia menegaskan, kunjungannya ke Timika tidak berkaitan dengan insiden gangguan keamanan tersebut, melainkan untuk melihat Kodim 1710/Mimika.

"Gak ada kaitannya dengan saya, saya mau lihat Kodim," tuturnya sembari terus berjalan menuju mobil jemputan.

Baca Juga: Daftar Kejahatan Pentolan KKB yang Ditangkap di Yahukimo

3. Penyerangan di Nduga, KKB klaim tembak 7 anggota TNI

Pascaserangan di Nduga, Pangdam XVII/Cenderawasih Kunjungi TimikaYotam Bugiangge (ikat kepala merah) bersama beberapa anggota pasukannya. (IDN Times/Istimewa)

Diketahui, sehari sebelum kedatangan Mayjen TNI Izak di Timika, kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau yang dikenal juga dengan OPM menyebarkan siaran pers yang menyebutkan bahwa mereka telah melakukan penyerangan terhadap TNI-Polri di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. 

Disebutkan bahwa penyerangan yang dilakukan selama tiga hari berturut-turut, yakni tanggal 26, 27, dan 29 Mei 2023 berhasil menembak 7 anggota TNI.

"Pasukan TPNPB di bawah pimpinan Napianus Kerebeya dan Yotam Bugiangge telah melakukan serangan selama tiga hari berturut terhadap militer dan polisi Indonesia di Kenyam dan berhasil menembak 7 anggota TNI," ujar Juru Bicara OPM, Sebby Sambom.

"Hal ini telah dilaporkan langsung oleh EX Anggota TNI yang bergabung ke TPNPB yaitu Yotam Bugiangge, langsung dari Kenyam, Ibu Kota Kabupaten Nduga-Papua pada hari Senin tanggal 29 Mei 2023," imbuhnya.

Baca Juga: Tiga Hari Penyerangan, OPM Klaim Tembak 7 Anggota TNI di Nduga

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya