Daftar Kejahatan Pentolan KKB yang Ditangkap di Yahukimo

Pelaku berinisial PH atau Kopi Tua Heluka

Timika, IDN Times – Salah satu pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berinisial PH atau Kopi Tua Heluka berhasil dibekuk oleh TNI. PH tergabung dalam Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (OPM) wilayah Yahukimo.

PH ditangkap di salah satu rumah makan depan Jalan Poros Mako Kelurahan Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua, pada Jumat 19 Mei 2023 lalu sekitar pukul 10.48 WIT

Baca Juga: Anggota KKB di Yahukimo yang Serang Satgas Damai Cartenz Ditangkap

1. PH diserahkan ke Satgas Operasi Damai Cartenz

Daftar Kejahatan Pentolan KKB yang Ditangkap di YahukimoKepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos., S.I.K., M.H. (IDN Times/Istimewa)

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan setelah penangkapan tersebut, yang bersangkutan kemudian diserahkan kepada Satgas Operasi Damai Cartenz untuk dilakukan penyelidikan lebih mendalam.

"Untuk diketahui, penangkapan PH bermula pada saat penangkapan AS, yang merupakan pentolan KKB pimpinan PH. Hal tersebut juga sudah langsung dikonfirmasi oleh AS," ujar Faizal melalui siaran pers yang diterima IDN Times pada Selasa (23/5/2023) malam.

Baca Juga: Satgas Damai Cartenz Tangkap Pimpinan KKB Berinisial KTH 

2. PH terlibat aksi penembakan anggota TNI-Polri

Daftar Kejahatan Pentolan KKB yang Ditangkap di YahukimoPentolan KKB, PH atau Kopi Tua Heluka, berhasil diamankan. (IDN Times/Istimewa)

Faizal mengungkapkan PH pernah terlibat dalam sejumlah aksi penembakan terhadap anggota TNI-Polri. Pada 30 November 2022 lalu, kata Faizal, PH ikut terlibat dalam kasus penembakan anggota Brimob dari Satgas Operasi Damai Cartenz. 

"Tidak hanya itu, PH juga terlibat dalam pembunuhan anggota TNI pada 4 November 2022. Dan pada 29 November 2022, yang bersangkutan juga ikut serta dalam penembakan terhadap Brigpol Usdar, merupakan anggota Polres Yahukimo hingga membuat korban meninggal dunia," ungkapnya.

Baca Juga: Khawatir KKB, Pemkab Yahukimo Minta Ada Pos Keamanan di Bandara Dekai

3. PH turut melakukan penyerangan ke beberapa pos polisi

Daftar Kejahatan Pentolan KKB yang Ditangkap di YahukimoKepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol. Faizal Ramadhani, S.Sos, S.I.K., M.H. (IDN Times/Istimewa)

Selain aksi di atas, Faizal menyebutkan bahwa PH pun turut berandil dalam penembakan yang dilakukan KKB terhadap Pos Penjagaan atau SPKT Polres Yahukimo sebanyak dua kali.

"KKB tersebut melakukan penyerangan dan penembakan terhadap Pos Kali Buatan Satgas Operasi Damai Cartenz di Distrik Dekai, kendati memang tidak ada korban jiwa," kata Faizal.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya