Polres Mimika Amankan Ratusan Liter Miras Lokal di Pomako

138 liter miras lokal jenis sopi berhasil diamankan 

Timika, IDN Times – Polres Mimika melalui Polsek KP3 Laut Pomako kembali mengamankan ratusan liter minuman keras (miras) lokal di Pelabuhan Pomako, Distrik Mimika Timur, Mimika, Papua Tengah, Minggu (2/4/2023). 

Ratusan liter miras lokal tersebut diamankan Kapolsek KP3 Laut Pomako, Ipda Wiklif S Rumere, bersama beberapa personelnya ketika melakukan razia saat berlabuhnya KM Sirimau.

Dari pantauan IDN Times di lapangan, sekitar pukul 7.00 waktu setempat, KM Sirimau dari Tual sandar di Pelabuhan Pomako. Polisi pun langsung bergerak melakukan pemeriksaan kepada setiap penumpang dan beberapa mobil yang mencurigakan.

1. Sebanyak 138 liter miras lokal jenis sopi diamankan

Polres Mimika Amankan Ratusan Liter Miras Lokal di Pomako138 liter miras lokal jenis sopi diamankan ke Mapolsek KP3 Laut Pomako, Distrik Mimika Timur, Mimika, Papua Tengah, Minggu (2/4/2023) pagi. (IDN Times/Istimewa)

Dari hasil razia tersebut, polisi berhasil menemukan dan mengamankan miras lokal jenis sopi sebanyak 138 liter.

"Jadi, hari ini kami amankan 138 miras lokal jenis sopi," kata Kapolsek KP3 Laut Pomako, Ipda Wiklif S Rumere, melalui siaran pers yang diteruskan Kasie Humas Polres Mimika, Ipda Hempi Ona.

Adapun rincian dari jumlah miras lokal yang diamankan yakni 3 buah gen ukuran 30 liter sebanyak 90 liter dan 5 buah gen ukuran 5 liter sebanyak 25 liter.

Kemudian 9 botol mineral ukuran 1,5 mili liter sebanyak 10 liter dan 17 botol aqua ukuran 600 mili liter sebanyak 13 liter. 

Baca Juga: Polisi Amankan Ratusan Liter Miras Sopi yang Diselundupkan ke Timika

2. Barang bukti diamankan di Mapolsek KP3 Laut Pomako

Polres Mimika Amankan Ratusan Liter Miras Lokal di PomakoPolsek KP3 Laut Pomako saat melakukan razia kepada penumpang kapal KM Sirimau yang berlabuh di Pelabuhan Pomako, Distrik Mimika Timur, Mimika, Papua Tengah, Minggu (2/4/2023) pagi. (IDN/Endy Langobelen)

Kapolsek mengatakan bahwa saat ini semua barang bukti miras yang berhasil disita telah diamankan ke Mapolsek KP3 Laut Pomako. 

"Kini barang bukti minuman keras diamankan di Mapolsek KP3 Laut Pomako guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut," tutupnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pada saat melaksanakan razia, tidak ditemukan para pelaku pemilik sopi tersebut. Barang berbahaya lainnya pun tidak ditemukan.

Sementara terkait jumlah penumpang, Kapolsek melaporkan bahwa penumpang yang turun sebanyak di Pelabuhan Pomako sebanyak 339 orang.

Sedangkan penumpang yang naik melakukan keberangkatan hanya 23 orang dan penumpang lanjutan sebanyak 532 orang.

3. Akhir bulan lalu, ratusan miras lokal juga diamankan Polres Mimika

Polres Mimika Amankan Ratusan Liter Miras Lokal di PomakoSejumlah minuman keras jenis sopi yang disita polisi di Pelabuhan Pomako, Senin (27/3/2023). (IDN Times/Istimewa)

Untuk diketahui, sebelumnya Polres Mimika melalui Polsek KP3 Laut Pomako juga telah mengamankan ratusan liter miras jenis sopi yang ditemukan di salah satu mobil Avansa putih ketika KM Sabuk Nusantara berlabuh di pelabuhan Pomako.

Dengan terus berulangnya persoalan penyelundupan miras lokal ini, masyarakat khususnya para penumpang dari luar diimbau untuk tidak lagi membawa masuk miras lokal ke Kabupaten Mimika melalui transportasi laut. 

Sebab, Polres Mimika bersama jajarannya akan selalu melaksanakan razia dan melakukan tindakan tegas terhadap siapa saja yang kedapatan membawa miras.

"Sudah saya sampaikan ke Kapolsek Pelabuhan, untuk setiap kapal masuk harus dilakukan pemeriksaan. Begitu juga aktivitas di pelabuhan-pelabuhan kecil, tetap kita lakukan pemantauan,” tegas Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra.

Baca Juga: Dinkes Mimika Temukan 8 Kasus Campak, Terkena karena Belum Vaksin

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya