Pusdiklat Pertama untuk ASN Akan Dibangun di Papua Tengah

Rencana dibangun tahun depan 2024

Timika, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) akan membangun Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) bagi aparatur sipil negara (ASN).

Kepala BKPSDM Mimika, Ananias Faot, menyampaikan bahwa rencana pembangunan Pusdiklat ini bermula dari sebuah ide yang telah disetujui pada masa kepemimpinan Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob.

Peluang ini kemudian dimanfaatkan untuk menjadi Pusdiklat pertama yang ada di Kabupaten Mimika secara khusus dan Provinsi Papua Tengah secara umum. 

Pusdiklat ini juga, kata Ananias, akan menjadi pusat latihan bagi tujuh kabupaten lain yang ada di wilayah Provinsi Papua Tengah, bahkan dari luar Provinsi Papua Tengah.

Baca Juga: KKB Serang Aparat Lagi di Puncak Papua Tengah

1. Dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai

Pusdiklat Pertama untuk ASN Akan Dibangun di Papua TengahDesain bangunan Pusdiklat dan kantor milik BKPSDM Mimika. (IDN Times/Istimewa)

Pusdiklat ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti aula, ruang kelas belajar, asrama untuk menampung peserta, fasilitas olahraga, fasilitas ibadah, dan sarana penunjang lain layaknya sebuah Pusdiklat di wilayah tengah dan barat Indonesia.

"Jadi, pada saat pelaksanaan diklat, peserta tidak lagi mencari tempat penginapan, makan-minum ataupun olahraga karena semua fasilitas sudah tersedia," jelas Ananias saat ditemui di Timika, Papua Tengah, Selasa (22/8/2023).

2. Masterplan pembangunan sudah dirancang

Pusdiklat Pertama untuk ASN Akan Dibangun di Papua TengahKepala BKPSDM Kabupaten Mimika, Ananias Faot. (IDN Times/Endy Langobelen)

Lebih lanjut Ananias mengatakan bahwa sampai saat ini, masterplan dari pembangunan Pusdiklat sudah dirancang. Jika tidak ada halangan, pembangunannya bakal dimulai pada tahun anggaran 2024 mendatang.

Ananias menambahkan, balai Pusdiklat yang akan dibangun ini tidak hanya menjadi balai latihan tetapi akan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) bagi Kabupaten Mimika. 

"Kita sudah pikirkan, dengan adanya Pusdiklat ini, tentu akan menjawab tantangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, baik dari aspek manajerial, teknis maupun sosiokultural bagi seluruh ASN dari berbagai pemerintah kabupaten di wilayah Provinsi Papua Tengah," jelas dia.

Ananias mengatakan, bahwa tugasnya sekarang selain mempersiapkan gedung dan fasilitasnya, juga akan mempersiapkan tenaga pengajar.

Baca Juga: Bupati Mimika Eltinus Omaleng Dicegah KPK ke Luar Negeri

3. Pj Bupati Mimika berikan sinyal positif

Pusdiklat Pertama untuk ASN Akan Dibangun di Papua TengahDesain bangunan Pusdiklat dan kantor milik BKPSDM Mimika. (IDN Times/Istimewa)

Terkait pembangunan Pusdiklat ini, Penjabat (Pj) Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, telah memberikan sinyal persetujuan.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan arahan pada pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) angkatan III dan IV, serta pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan IV dan V di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika pada beberapa waktu lalu. 

Pj Bupati Mimika mendukung rencana BKPSDM membangun Pusdiklat dalam rangka mengakomodir seluruh kegiatan kompetensi dan diklat, yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya