Sambut HUT 78 RI, Freeport Gelar Pesta dan Percantik Kampung di Papua

Bertujuan untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan 

Timika, IDN Times – Menyongsong peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 tahun 2023, PT Freeport Indonesia menggelar berbagai rangkaian kegiatan menarik.

Senior Vice President Community Development PTFI, Nathan Kum, saat jumpa pers di Timika, Papua menjelaskan, kegiatan HUT RI dilaksanakan di dua kampung, yakni Kampung Banti, Distrik Tembagapura dan Kampung Nawaripi, Distrik Wania. 

"Untuk di dataran rendah, yaitu Kampung Nawaripi, kegiatan akan dilakukan selama dua hari, tanggal 12 dan 14 Agustus 2023. Sedangkan di dataran tinggi, Kampung Banti, kami sudah laksanakan pada tanggal 5 dan 8 Agustus kemarin," ujar Nathan, Jumat (11/8/2023) malam.

Baca Juga: Auntusias Warga Mimika Ramaikan Perayaan HUT 78 RI di Papua Tengah

1. Kegiatan di Kampung Banti dan Nawaripi untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan

Sambut HUT 78 RI, Freeport Gelar Pesta dan Percantik Kampung di PapuaSenior Vice President Community Development PTFI, Nathan Kum, saat memaparkan rencana kegiatan menjelang HUT ke-78 RI oleh PT Freeport Indonesia. (IDN Times/Endy Langobelen)

Nathan menyampaikan, kegiatan di Kampung Banti meliputi pertandingan bola voli, bakti sosial membersihkan kampung, pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan, dan memberikan makanan tambahan bagi anak dan ibu hamil untuk mencegah stunting. 

Sedangkan kegiatan yang akan digelar di Kampung Nawaripi yakni kerja bakti dekorasi kampung, pemeriksaan dan pengobatan gratis, dan berbagai perlombaan untuk anak-anak dan orang dewasa, serta pembagian seragam sekolah bagi siswa-siswi SD Inpres Nawaripi.

"Kegiatan-kegiatan ini kita lakukan untuk menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan, dan juga kekeluargaan sebagai warga negara Republik Indonesia," tuturnya. 

2. PTFI libatkan setiap pihak termasuk masyarakat

Sambut HUT 78 RI, Freeport Gelar Pesta dan Percantik Kampung di PapuaTampak suasana kegiatan jumpa pers di Rumah Kopi Amungme Gold, Timika, Papua Tengah, Jumat (11/8/2023) malam. (IDN Times/Endy Langobelen)

Disebutkan, dalam kegiatan menyambut HUT RI ini PTFI melibatkan setiap pihak, baik dari dinas terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, Kepala Distrik, Kepala Kampung, hingga masyarakat setempat.

"PTFI memberikan dukungan penuh kepada Kepala Distrik yang juga bertanggung jawab dalam kegiatan ini. Jadi, kami PT Freeport telah berdiskusi bersama masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dengan melaksanakan kerja bakti bersama serta edukasi hidup sehat kepada masyarakat," tuturnya. 

"Jadi bukan kita saja, tapi kita juga libatkan masyarakat dan juga bagian Dinas Kesehatan dan Pendidikan. Untuk hari kedua, PTFI berkolaborasi dengan puskesmas setempat, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan juga penyediaan makanan tambahan bagi masyarakat. Di hari yang sama juga akan diadakan beberapa lomba dan pembagian sembako serta bantuan seragam bagi siswa SD Inpres Kampung Nawaripi," imbuhnya. 

Dengan adanya berbagai kegiatan ini, Nathan berharap masyarakat dapat merasakan secara langsung kehadiran PTFI dalam memperingati HUT ke-78 kemerdekaan RI.

"Sekaligus mendorong adanya kolaborasi PTFI yang berkesinambungan dalam proses pengembangan masyarakat. Jadi, tujuan-tujuan itu yang   selama ini kita bangun dalam setiap kegiatan di kampung-kampung," pungkasnya.

3. Kegiatan hiburan rakyat lainnya bagi masyarakat umum

Sambut HUT 78 RI, Freeport Gelar Pesta dan Percantik Kampung di PapuaKetua Panitia HUT RI ke-78 PTFI, Birat Setyoko, memaparkan kegiatan lainnya yang akan digelar untuk masyarakat. (IDN Times/Endy Langobelen)

Sementara Ketua Panitia HUT ke-78 RI, Birat Setyoko, menyampaikan bahwa selain kegiatan-kegiatan yang di dua kampung tersebut, ada juga kegiatan lainnya yang bakal ikut meramaikan HUT RI ke-78.

Kegiatan lainnya yaitu upacara penaikan bendera di Kota Kuala Kencana dan Tembagapura, Pesta Rakyat Acara Kota berupa konser musik, berbagai hiburan, dan sebagainya.

"Rangkaian kegiatan HUT ke-78 RI PTFI yang dilaksanakan di Timika dan Kuala Kencana pada19 Agustus 2024 terbuka untuk umum, termasuk masyarakat Timika," jelas Birat.

Untuk pelaksanaan Upacara Bendera di Kuala Kencana pada 17 Agustus mendatang, terang Birat, pasukan pengibar bendera akan melibatkan siswa-siswi Sekolah Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ), Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP), Papua Football Academy (PFA), dan karyawan PTFI.

Di samping itu, dalam rangka mendukung pelestarian budaya setempat, PTFI juga akan melakukan revitalisasi patung ukiran Suku Kamoro yang berada di bundaran Kuala Kencana. 

"Yang menarik di sini, proses pengukiran patung ukiran Kamoro ini dibuat langsung masyarakat Kamoro, di bawah koordinasi Yayasan Maramowe yang merupakan yayasan binaan PTFI," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa rangkaian program HUT ke-78 RI tahun ini, PTFI juga akan melakukan peresmian fasilitas olah raga baru di Mimika Sport Complek SP-5 Timika yang akan dihadiri oleh Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya