Terbuat dari Obat Nyamuk Bakar, Minuman Sopi di Mimika Diberangus

Penyulingan sopi di tengah hutan dibakar

Timika, IDN Times - Dalam rangka membasmi peredaran minuman keras (miras) lokal  jenis sopi di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Polsek Mimika Timur bersama Koramil Mapurujaya dan Pemerintah Distrik Mimika Timur, membakar sebuah pabrik penyulingan yang berada di Kampung Kaugapu.

Pembakaran pabrik miras lokal jenis sopi ini dilakukan saat aparat gabungan melakukan sweeping pada Selasa (9/5/2023).

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Marah ke KKB: Pilot Tak Dilepas Malah Tembaki TNI

1. Sweeping dilakukan dengan penyisiran ke wilayah sungai Kampung Kaugapu

Terbuat dari Obat Nyamuk Bakar, Minuman Sopi di Mimika DiberangusKapolsek Mimika Timur, AKP Matheus Tanggu Ate. (IDN Times/Endy Langobelen)

Kapolsek Mimika Timur, AKP Matheus Tanggu Ate, mengatakan sweeping gabungan dimulai dari Kantor Polsek Mimika Timur, kemudian menuju ke dermaga Kampung Hiripau, lalu dilanjutkan dengan penyisiran menggunakan perahu ke lokasi target.

"Untuk lokasi atau sasaran adalah tempat pembuatan miras lokal di seberang kali Kampung Kaugapu RT3 dan SP 8 Distrik Mimika Timur," ujar Matheus.

Ketika tiba di lokasi yang telah ditargetkan, kata Matheus, tidak ada satu pun tanda-tanda keberlangsungan operasi pabrik miras lokal.

Namun, setelah dilakukan penyusuran ke arah hutan sekitar 4 km, AKP Matheus bersama tim berhasil menemukan sebuah pabrik miras lokal yang berada tepat di tengah-tengah hutan.

2. Pelaku pemilik pabrik kabur meninggalkan TKP

Terbuat dari Obat Nyamuk Bakar, Minuman Sopi di Mimika DiberangusPabrik penyulingan miras lokal jenis sopi di Kampung Kaugapu, Distrik Mimika Timur, Mimika, Papua Tengah. (IDN Times/Istimewa)

Saat tiba di pabrik miras lokal tersebut, ungkap Matheus, para pelaku yang merupakan pemilik pabrik kabur meninggalkan lokasi tempat pembuatan miras itu.

"Untuk tersangka nihil alias melarikan diri," kata dia.

Meski demikian, tim akhirnya menemukan sejumlah barang bukti berupa 1 buah tungku masak miras jenis sopi, 1 drum plastik berisi bahan baku, 2 drum kosong, dan 6 batang pipa stainlees.

"Mengingat karena lokasi atau TKP ini sangat jauh sehingga barang bukti tersebut kami tidak bawa namun dimusnahkan langsung ditempat dengan cara dibakar," tutur Matheus. 

Baca Juga: Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Dua Warga Sipil di Yahukimo Papua

3. Miras lokal harus dibasmi karena berbahaya bagi kesehatan

Terbuat dari Obat Nyamuk Bakar, Minuman Sopi di Mimika Diberangusilustrasi miras (pixabay.com/kbatx)

Lebih lanjut, Matheus menegaskan, peredaran miras lokal jenis sopi harus dibasmi di Kabupaten Mimika. Sebab, kata dia, bahan-bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan sopi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

"Bahan dasarnya itu gula, bahan olahan roti berupa fermifan, obat Baygon bakar, dengan menggunakan air kali wania. Ini tentu sangat berbahaya bagi jika dikonsumsi," pungkasnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya