Tinjau Proyek Pembangunan, Bupati Mimika: Rata-rata Sudah 65 Persen

Semua proyek ditargetkan selesai bulan Desember 2023

Timika, IDN Times – Bupati Mimika, Eltinus Omaleng meninjau langsung proyek pembangunan di sekitar wilayah Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Rabu (6/9/2023).

Dalam peninjauan itu, Bupati Omaleng didampingi Plt Sekda Mimika, Kepala Bappeda, Kepala Dinas PEndidikan, Dinas Perhubungan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, BPKAD, dan pimpinan OPD di bagian sekretariat.

Baca Juga: Aktif Lagi Jadi Bupati Mimika, Eltinus Diminta Mendagri Seriusi 5 Hal

1. Sejumlah proyek yang ditinjau Bupati Omaleng

Tinjau Proyek Pembangunan, Bupati Mimika: Rata-rata Sudah 65 PersenBupati Mimika, Eltinus Omaleng, beserta beberapa pimpinan OPD meninjau pembangunan Kantor Dinas Perhubungan di Jalan C. Heatubun, Timika, Papua Tengah, Rabu (6/9//2023). (IDN Times/Endy Langobelen)

Adapun proyek pembangunan yang ditinjau Bupati Omaleng yakni pekerjaan di Jalan Mayon dan Jalan SP2 - SP 5. Lalu, pembangunan Kantor Bappeda, Kantor Dinas Pendidikan, Kantor Dinas Perhubungan, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kantor Badan Pendapatan Daerah, dan Terminal Bandara Mozes Kilangin.

Bupati Omaleng mengatakan, peninjauan dilakukan setelah melakukan rapat monitoring dan evaluasi bersama pimpinan OPD.

"Jadi, hari ini, kita lakukan sidak mulai dari pengerjaan jalan; jalan Mayon dan SP2-SP5. Terus kami juga sekalian melihat pembangunan kantor-kantor, mulai dari Kantor Bappeda hingga terakhir di Kantor Pendapatan Daerah," jelas Omaleng. 

Baca Juga: Tiba di Timika, Bupati Mimika Nonaktif Eltinus Disambut Pendukungnya

2. Bupati Omaleng puas dengan progres pengerjaan

Tinjau Proyek Pembangunan, Bupati Mimika: Rata-rata Sudah 65 PersenBupati Mimika, Eltinus Omaleng, beserta beberapa pimpinan OPD meninjau pembangunan terminal Bandara Mozes Kilangin, Timika, Papua Tengah, Rabu (6/9/2023). (IDN Times/Endy Langobelen)

Dari hasil peninjauan tersebut, Bupati Omaleng merasa puas dengan proses pengerjaan sejumlah proyek itu.

"Kami lihat luar biasa dan saya sebagai pimpinan merasa puas begitu," tuturnya. 

Menurutnya, proses pembangunan sejumlah kantor dinas ditargetkan selesai pada Desember 2023.

"Saat ini, rata-rata sudah 65 persen. Kalau bulan Desember itu sudah selesai, maka dengan hasil ini, kami juga akan melakukan rapat evaluasi monitoring. Ini kan juga bagian dari monitoring sehingga nanti minggu kedua kita rapat lagi supaya kita bikin kira-kira dari 35 persen (serapan APBD) itu sudah mendongkrak naik atau tidak," ujarnya.

"Kalau sudah naik, maka bulan September sebelum tanggal 30, kita sudah mendorong KUA-PPAS ke DPR untuk pembahasan APBD Perubahan. Nah, itu tujuannya kita sidak," imbuhnya. 

Baca Juga: Pemkab Mimika Kirim 2 Ton Sembako ke 3 Kampung Terdampak Banjir

3. Fasilitas gedung kantor lama tetap difungsikan

Tinjau Proyek Pembangunan, Bupati Mimika: Rata-rata Sudah 65 PersenBupati Mimika, Eltinus Omaleng, beserta beberapa pimpinan OPD meninjau pembangunan Kantor BPKAD di Jalan Cenderawasih, Timika, Papua Tengah, Rabu (6/9/2023). (IDN Times/Endy Langobelen)

Melihat sejumlah Kantor OPD yang mulai dibangun di luar area Kantor Pusat Pemerintahan, Bupati Omaleng memastikan fasilitas gedung kantor lama milik OPD teknis yang pindah lokasi akan tetap difungsikan. 

"Di Kantor Pusat Pemerintahan itu kan masih ada Sekda, Sekretariat, pokoknya seperti Kabag Pemerintahan, Humas, terus SDM, semua kan ada di situ jadi tidak sepi. OPD bagian teknis yang kita kasih keluar ini agar mereka bisa berkembang. Jadi, mereka pimpin di kantor masing-masing," pungkasnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya