Intip Harta Kekayaan AHY, Ada dari Warisan dan Hibah 

Memiliki berbagai macam aset, AHY tak punya utang

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), gagal menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) berpasangan dengan Anies Baswedan. Sebelumnya, seperti yang terungkap di publik, Anies pernah menyampaikan kepada Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) akan memilih AHY sebagai cawapresnya.

Gagalnya AHY menjadi cawapres AHY, membuat panggung politik memanas. Merasa dikhianati, Partai Demokrat keluar dari KPP dan menginstruksikan para kadernya untuk menurunkan spanduk dan baliho bergambar Anies Baswedan.

AHY pun menjadi sorotan publik, termasuk harta kekayaannya. Lantas berapa pundi-pundi harta Agus Harimurti Yudhoyono?

Baca Juga: Ganjar Pranowo Punya Harta Kekayaan Rp13,4 Miliar, Utang Rp1,3 Miliar

1. AHY lapor kekayaan pada 2016 saat akan daftar Pilgub DKI Jakarta

Intip Harta Kekayaan AHY, Ada dari Warisan dan Hibah Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

AHY diketahui melaporkan harta kekayaannya pada Oktober 2016. AHY melaporkan harta kekayaannya saat mencoba peruntungan dalam pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 bersama Sylviana Murni. Saat itu, dia memutuskan mengundurkan diri dari posisinya di TNI AD, namun akhirnya Agus kalah suara dari pasangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

Sebelum mendaftar pilgub, calon gubernur memang diwajibkan melapor harta kekayaan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Laporan total nilai aset AHY dapat diakses pada laman Laporan Harta Kekayaan Pejabat Elektronik (e-LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

2. Memiliki kekayaan Rp15,2 miliar, harta AHY dari hasil sendiri dan warisan

Intip Harta Kekayaan AHY, Ada dari Warisan dan Hibah Ketum Golkar Airlangga ke rumah SBY di Cikeas, disambut AHY dan Ibas (IDN Times/Aryodamar)

Pada 3 Oktober 2016, AHY melaporkan harta kekayaannya sebesar Rp15,2 miliar. Adapun rincian harta kekayaan AHY sebagai berikut,

  1. Tanah dan bangunan: Rp 6.772.645.000.
  2. Alat transportasi dan mesin: Rp 550.000.000.
  3. Peternakan, perikanan, perkebunan, pertanian, kehutanan, pertambangan, dan usaha lainnya: Rp 360.000.000.
  4. Harta bergerak lainnya: Rp 688.800.000
  5. Giro dan setara kas lainnya: Rp 6.920.360.024.
  6. Utang: - 

Kekayaan AHY didominasi oleh giro dan setara kas yang berasal dari hasil sendiri, warisan, dan hibah. AHY juga memiliki harta tidak bergerak dalam bentuk tiga bidang tanah dan bangunan seluas 90 sampai 978 meter persegi, yang terletak di Jakarta Selatan dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

3. Tak menanggung utang piutang, total kekayaan AHY lebih dari Rp21 miliar

Intip Harta Kekayaan AHY, Ada dari Warisan dan Hibah potret kejutan ulang tahun anak Agus dan Annisa Yudhoyono (instagram.com/agusyudhoyono)

Selain itu, AHY juga memiliki perusahaan komunikasi media dan produksi kreatif PT Exquisite Indonesia dengan nilai jual Rp360 juta. AHY juga menyimpan aset bergerak dalam bentuk logam dan batu mulia senilai Rp688,8 juta.

AHY juga gemar koleksi kendaraan mewah. Dia memiliki mobil Nissan Navara seharga Rp350 juta, mobil Toyota Vellfire seharga Rp1,1 miliar, dan mobil Jeep Rubicon seharga Rp1,4 miliar.

Jika ditotal, AHY memiliki harta kekayaaan lebih dari Rp21 miliar. Dilansir data LHKPN, AHY tidak menanggung utang piutang dan tidak mempunyai surat berharga.

Baca Juga: Harta Kekayaan Prabowo Tembus Rp2 Triliun, Utang Rp8 Miliar

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya