Wapres Ma'ruf Kunjungi Mimika, Pj Bupati: Tunjukkan Kita Satu Kesatuan

Kunjungan Wapres adalah momen menunjukkan persatuan Mimika

Timika, IDN Times – Penjabat (Pj) Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan kunjungan kerja Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, ke Mimika, Papua Tengah. 

Diketahui, Wapres Ma'ruf Amin bakal berkunjung di Mimika selama tiga hari, mulai dari 11 hingga 13 Juni 2023. 

Baca Juga: Mimika Kirim 12 ASN ke Provinsi, Paling Sedikit dari Kabupaten Lain

1. Dukungan dari setiap pihak sangat dibutuhkan

Wapres Ma'ruf Kunjungi Mimika, Pj Bupati: Tunjukkan Kita Satu KesatuanPenjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito. (IDN Times/Endy Langobelen)

Menurut Valent, keberlangsungan kegiatan kunjungan Wapres tersebut sangat membutuhkan dukungan setiap pihak, baik dari pemerintah daerah, aparat keamanan, maupun masyarakat. 

"Jadi, ini betul-betul dibutuhkan dukungan kita, dukungan masyarakat Mimika keseluruhan untuk bisa menyukseskan kunjungan tersebut," ujar Valent saat ditemui di pelataran Kantor Pusat Pemerintahan, Jalan Poros SP3, Timika, Papua Tengah, Senin (10/7/2023). 

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Sebut Pernikahan Anak di Indonesia Picu Stunting

2. Kunjungan Wapres adalah momen menujukkan persatuan di Mimika

Wapres Ma'ruf Kunjungi Mimika, Pj Bupati: Tunjukkan Kita Satu KesatuanPenjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito saat pimpin apel pagi di halaman Kantor Pusat Pemerintahan, Jalan Poros SP3, Timika, Papua Tengah, Senin (3/7/2023). (IDN Times/Endy Langobelen)

Valent menyebutkan, kegiatan kunjungan Wapres ini merupakan salah satu momen untuk memperlihatkan bagaimana persatuan dan kesatuan yang telah terbangun di Mimika. 

"Ini kesempatan kita menunjukkan bahwa kita masyarakat Mimika, kita Pemda Mimika betul-betul menjadi satu kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini dengan menunjukkan hal yang baik," tuturnya. 

Meski demikian, Valent tetap berharap agar persatuan dan kesatuan tersebut tidak hanya ditampilkan di saat kunjungan Wapres saja, melainkan betul-betul dilakukan setiap harinya.

Baca Juga: Wapres Beri Penghargaan Satyalancana Wira Karya ke Ganjar Pranowo

3. Persiapan telah dilakukan semaksimal mungkin

Wapres Ma'ruf Kunjungi Mimika, Pj Bupati: Tunjukkan Kita Satu KesatuanDandrem 172/ATW, Kolonel Inf Agus Widodo, mengecek masing-masing prajurit saat apel gelar pasukan di Hanggar Bandara Moses Kilangin, Minggu (9/7/2023). (IDN Times/Endy Langobelen)

Di samping itu, Valent mengungkapkan, sampai dengan saat ini, persiapan pelaksanaan kunjungan Wapres telah dilakukan dengan maksimal. 

"Seluruhnya sudah dipersiapkan. Di sini, Pak Danrem yang mengendalikan keseluruhan hubungan pusat dan daerah. Kami sudah gelar pasukan juga untuk keamanan. Kemudian terkait objek kunjungan pun sudah dipersiapkan semua," ungkapnya. 

Dikatakan, rombongan Wapres akan tiba di Timika pada Selasa 11 Juni 2023 sore menjelang Maghrib. Rombongan bakal ditempatkan di Rimba Papua Hotel untuk beristirahat dan kegiatan akan dilanjutkan pada Rabu 12 Juni 2023.

"Jadi, beliau datang di Selasa itu kan sudah sore masuk Maghrib. Beliau kalau Maghrib itu sudah harus beristirahat. Jadi, kita akan mulai kegiatan dari pagi di hari Rabu itu sampai dengan sore hari. Jadi seharian di hari rabu. 

"Hari Kamis itu Pak Wapres akan bertolak ke Nabire. Rencananya peletakan baru pertama di Nabire untuk wilayah perkantoran di Nabire," pungkasnya. 

Berdasarkan informasi sementara, selama berada di Mimika, Ma'ruf Amin beserta rombongan bakal berkunjung ke Institut Tambang Nemangkawi PT Freeport Indonesia, Rimba Golf Papua, dan RSUD Mimika. 

Baca Juga: Tanggapi Penolakan ASN, Pj Bupati Mimika: Akan Saya Rangkul

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya