PMI Siap Kerahkan Hagglund ke Daerah Terisolir Akibat Gempa Cianjur

JK ajak masyarakat bantu korban gempa Cianjur

Jakarta, IDN Times - Kendaraaan jenis Hagglund siap dikerahkan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk daerah yang masih terisolir akibat usai gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla atau JK, dalam live zoom di Jakarta, Selasa (22/11/2022). JK mengatakan, PMI siap mengerahkan dua unit Huggland untuk daerah yang terisolir.

"Kita tunggu laporan hari ini dan jika diperlukan karena masih ada daerah yang terisolir, PMI siap kerahkan dua unit Huggland," tegas JK di kediamannya.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Tim Prioritaskan Evakuasi Korban yang Tertimbun

1. Sebanyak 200 relawan PMI sudah diterjunkan ke lokasi gempa

PMI Siap Kerahkan Hagglund ke Daerah Terisolir Akibat Gempa CianjurRSUD Cianjur dipenuhi oleh korban gempa. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

JK menambahkan, huggland merupakan kendaraan khusus yang bisa digunakan di jalan-jalan atau medan yang susah dilewati, khususnya di daerah yang terisolir. PMI siap mengirim kendaraan tersebut jika masih terdapat daerah yang sulit dijangkau.

Sebagai upaya awal, PMI telah mengirim 200 personel untuk membantu korban gempa Cianjur di masa tanggap darurat. Mereka yang dikirim adalah relawan PMI yang berada di daerah terdekat dari lokasi bencana.

"Sejak tadi malam sudah 200-an relawan PMI berada di Cianjur membantu mengatasi tanggap darurat," tambah JK.

2. Sepuluh mobil ambulans juga sudah dibawa ke lokasi

PMI Siap Kerahkan Hagglund ke Daerah Terisolir Akibat Gempa CianjurRSUD Cianjur dipenuhi oleh korban gempa. (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Adapun bantuan yang dibawa berupa 10 mobil ambulans, mobil tangki, mobil operasonal, dan dokter-dokter serta logistik. Bantuan PMI tersebut akan mendukung prioritas aksi yang dilakukan di masa tanggap darurat seperti mengoperasaikan tenda-tenda, penyediaan makanan, layanan pengobatan, dan penyaluran logistik lainnya.

Seperti diketahui, gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur pada pukul 13.21 WIB dan berkeuatan M 5,6 mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia, dan ribuan lainnya mengalami luka-luka serta mengakibatkan ratusan rumah rusak.

Baca Juga: Menteri PUPR Basuki: Gempa Cianjur, 2.272 Rumah Rusak

3. JK mengajak masyarakat membantu korban gempa Cianjur

PMI Siap Kerahkan Hagglund ke Daerah Terisolir Akibat Gempa CianjurSituasi RSUD Sayang Cianjur pasca gempa mag 5.6 dipenuhi oleh korban gempa. (IDN Times/Yogi Pasha)

JK juga menyampaikan duka cita atas peristiwa bencana tersebut. Bagi JK, gempa Cianjur merupakan bencana terbesar dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di Pulau Jawa.

"Atas nama PMI, saya menyampaikan duka cita dan belasungkawa atas peristiwa ini, semoga seluruh korban diberi ketabahan," ujarnya.

JK yang juga menjabat sebagai ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), mengajak seluruh masyarakat untuk bergotong royong membantu meringankan dampak yang diderita masyarakat Cianjur.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya