30 Pegawai Kementerian Kominfo Positif COVID-19, 17 Dinyatakan Sembuh

Kominfo berlakukan WFH untuk pegawainya

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 30 pegawai Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dinyatakan positif COVID-19. Jumlah itu sudah termasuk tujuh orang karyawan yang baru diketahui ikut terjangkit virus corona sampai dengan Jumat (28/8/2020) pukul 16.00 WIB.

Menurut laporan dari Kementerian Kominfo, dari total karyawannya yang positif, sebanyak 17 orang dinyatakan sudah sembuh. Sedangkan, 13 sisanya sejauh ini masih dalam proses penyembuhan COVID-19 ini.

Mereka pun memastikan jika sampai saat ini, tak ada satupun pegawai Kementerian Kominfo yang meninggal karena COVID-19.

1. Kementerian Kominfo berlakukan WFH untuk pegawainya

30 Pegawai Kementerian Kominfo Positif COVID-19, 17 Dinyatakan Sembuhlogo kominfo pada laman Kominfo

Akibat kondisi tersebut, Kementerian Kominfo memilih untuk menggunakan sistem work from home (WFH) untuk para pegawainya. Mereka pun terus berusaha melakukan pembersihan kantor dengan penyemprotan disinfektan agar menghindari risiko meluasnya penyebaran virus berbahaya tersebut di gedung milik Kementerian Kominfo yang berada di bilangan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Hal tersebut pun sempat dibenarkan oleh salah seorang karyawan Kementerian Kominfo yang enggan disebut namanya saat berbicara kepada IDN Times. Dia mengakui sudah tak lagi melakukan pekerjaannya di kantor.

"Dari kemarin kerja di rumah, kantor lagi disemprot," kata dia pada Jumat (28/8/2020).

Baca Juga: 27 Pegawai Kominfo Positif COVID-19, Kantor Ditutup Sampai September

2. Kasus COVID-19 di DKI Jakarta

30 Pegawai Kementerian Kominfo Positif COVID-19, 17 Dinyatakan SembuhPSBB Jakarta Selatan (IDN Times/Fiqih Damar Jati)

Kasus yang terjadi di Kementerian Kominfo menambah deretan kantor pemerintahan yang juga terkena dampak COVID-19. Kementerian Pertanian juga sudah mengumumkan beberapa pegawainya dinyatakan positif terjangkit virus COVID-19. Walhasil, Kantor Kementan pun harus di-lockdown untuk menghindari penularan kepada pegawai lainnya.

Hal itu menambah banyaknya kasus positif COVID-19 yang terjadi di DKI Jakarta. Hingga Jumat (28/8/2020) ini, jumlah orang yang terinfeksi naik sebanyak 869 orang. Catatan tersebut merupakan rekor kasus harian COVID-19 tertinggi di Jakarta.

Walhasil, total jumlah orang yang terjangkit COVID-19 di Ibu Kota kini sudah mencapai 37.082 orang. Jumlah tersebut mengindikasikan jika kasus COVID-19 terus meningkat setiap hari.

3. DKI Jakarta perpanjang PSSB Transisi

30 Pegawai Kementerian Kominfo Positif COVID-19, 17 Dinyatakan SembuhInfografis PSBB (IDN Times/Arief Rahmat)

Peningkatan grafik kasus COVID-19 ini memaksa Pemprov DKI Jakarta menambah durasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyebut jika hal itu merupakan respons pemda dalam mengontrol dan mengendalikan penyebaran virus tersebut.

Dengan demikian, DKI Jakarta masih dalam status PSBB transisi selama dua pekan ke depan. Pemda setempat pun nampaknya belum bisa memastikan kapan akan mencabut status tersebut. Mereka masih harus mengamati situasi dan kondisi di Ibu Kota selama 14 hari nanti.

Baca Juga: Pegawai Positif COVID-19, Kantor Kominfo Lockdown Sementara

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya