Ditunjuk Jadi Moderator Debat Capres,  Retno-Zulfikar Sempat Stres

Retno dan Zulfikar menyiapkan mental untuk debat

Jakarta, IDN Times - Zulfikar Naghi dan Retno Pinasti merasa kaget ditunjuk sebagai moderator Debat Capres keempat yang akan digelar di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3). Sebab, keduanya baru diberi tahu untuk memimpin jalannya debat lima hari sebelum debat berlangsung.

"Waktunya kurang banget waktu setelah diumumkan Senin malam itu saya dan kak Zul terus terang campur antara belum percaya, kami stres sehari semalam," kata Retno saat mengikuti agenda penandatanganan pakta integritas di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (27/3).

1. Zul dan Retno mengaku lebih siap

Ditunjuk Jadi Moderator Debat Capres,  Retno-Zulfikar Sempat StresIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Namun, Zul mengatakan bahwa dia dan Retno sekarang sudah jauh lebih siap. Keduanya pun berjanji akan lebih mempersiapkan lagi segala hal teknis dengan panelis dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar bisa memberikan hasil terbaik.

Sementara Retno mengaku sudah memantapkan niatnya untuk membantu KPU. Dia pun sudah menata mental dan hati demi lancarnya debat kali ini.

2. Duo moderator coba bangun kekompakan

Ditunjuk Jadi Moderator Debat Capres,  Retno-Zulfikar Sempat Stresinstagram/retnopinasti

Keduanya pun terus membangun kekompakan dengan cara memakai pakaian dengan warna yang sama saat datang di acara penandatanganan pakta integritas.

"Kami menyiapkan hati dan mental seperti yang dibilang Mbak Retno tadi. Kami berdua akan berlatih dan menyamakan frekuensi agar dapat chemistry," ujar pria yang jadi salah satu pembawa acara beberapa program berita di televisi swasta Indosiar itu.

"Karena ini ada dua kepala dalam satu debat, jadi kami harus kompak lahir batin, outfit pun sudah siap, tapi saya baru diukur semalam, kan kita dikenal hebat dalam sistem kebut semalam semasa kuliah, mudah-mudahan jadi dan bakal bagus," timpal Retno seraya tertawa.

Baca Juga: Capres Diharapkan Menyoroti Keamanan Siber Saat Debat Pilpres

3. Retno dan Zulfikar juga persiapkan fisik

Ditunjuk Jadi Moderator Debat Capres,  Retno-Zulfikar Sempat Stresinstagram/retnopinasti

Selain intens melakukan komunikasi, keduanya pun mengaku sedang mempersiapkan fisik agar tetap fit saat menjalankan tugasnya. Hanya, keduanya mengaku sedang dalam kondisi kurang baik karena sedang mengalami sakit batuk.

Walau demikan, mereka tak serta-merta meninggalkan tugasnya. Retno dan Zulfikar, tetap bertemu dengan panelis dan KPU untuk membahas substansi yang akan menjadi pertanyaan untuk debat 30 Maret mendatang. Keduanya direncanakan akan intens bertemu besok dan lusa untuk membahasnya.

4. Debat keempat akan diikuti Jokowi dan Prabowo

Ditunjuk Jadi Moderator Debat Capres,  Retno-Zulfikar Sempat Stresidntimes.com

Debat keempat akan digelar di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat pada Sabtu 30 Maret mendatang. Adapun debat kali ini akan diikuti oleh capres dari paslon nomor urut 01 dan 02, yakni Joko 'Jokowi' Widodo dan Prabowo Subianto.

Untuk tema yang akan diangkat dalam debat keempat ini adalah ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional. Debat cawapres ini rencananya akan disiarkan secara langsung di Metro TV, Indosiar, dan SCTV.

Baca Juga: Panelis dan Moderator Teken Pakta Integritas, Ini Aturan Debat Keempat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya