Panelis Jamin Pertanyaan untuk Debat Capres dalam Kondisi Tersegel

Penyusunan pertanyaan debat capres dilakukan secara tertutup

Jakarta, IDN Times - Koordinator panelis debat capres putaran keempat, Valina Singka Subekti, menyebut penyusunan pertanyaan untuk debat capres pada 30 Maret 2019 direncanakan selesai dalam lima hari. Setelah semua rampung, daftar pertanyaan akan langsung diberikan kepada KPU dalam kondisi tersegel.

"Jadi nanti pas hari Sabtu baru kita sampaikan kepada KPU dengan amplop tertutup dengan segel, sehingga betul-betul sifatnya rahasia dan tak diketahui siapa pun," kata Valina di sela-sela acara penandatanganan fakta integritas di Hotel Sari Pacific, Jakarta, Rabu (27/3).

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Moderator Debat Capres,  Retno-Zulfikar Sempat Stres

1. Proses penyusunan soal debat dilakukan secara tertutup

Panelis Jamin Pertanyaan untuk Debat Capres dalam Kondisi TersegelIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Akademisi Departemen Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) itu menjamin, proses penyusunan pertanyaan dilakukan panelis secara tertutup. Panelis, kata Valina, juga tak akan melibatkan KPU atau tim kampanye lain dalam proses penyusunan pertanyaan untuk debat.

Disinggung mengenai kerahasiaan daftar pertanyaan debat, Valina menjaminnya. Ia menyebut, soal tersebut hanya diketahui oleh sembilan panelis dan dua orang moderator yang terlibat di debat keempat.

2. Pertanyaan debat disesuaikan dengan permasalahan di lapangan

Panelis Jamin Pertanyaan untuk Debat Capres dalam Kondisi Tersegelidntimes.com

Valina dan seluruh panelis dalam debat keempat yang digelar di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3), memastikan pertanyaan debat capres keempat telah disesuaikan dengan permasalahan yang ada di lapangan.

"Kami bekerja dengan sungguh-sungguh mempersiapkan materi sejak kemarin siang, dan mendengarkan masukan serta saran dari beberapa sumber," beber perempuan kelahiran Kota Singkawang ini.

3. Sebelum menyusun soal, panelis mendengarkan masukan dari para ahli

Panelis Jamin Pertanyaan untuk Debat Capres dalam Kondisi TersegelANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/M Agung Rajasa

Valina mengaku seluruh panelis sudah langsung bekerja sejak Kamis siang kemarin. Menurut dia, di tahap pertama panelis mendengarkan masukan dari para ahli di bidang ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

"Setelah itu kami terus rapat sampai tadi malam, berusaha untuk mengidentifikasi persoalan-persoalan besar yang dihadapi oleh bangsa kita saat ini, terkait empat isu itu," ujar perempuan 58 tahun tersebut.

4. Berikut nama sembilan panelis dan tema debat

Panelis Jamin Pertanyaan untuk Debat Capres dalam Kondisi TersegelANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dalam debat capres keempat nanti, KPU menunjuk sembilan panelis yakni  Zakiyuddin (Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga), J Haryatmoko (akademisi/pengajar Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta), Erwan Agus Purwanto (Dekan FISIP Universitas Gadjah Mada), Valina Singka Subekti (akademisi/pengajar Departemen Ilmu Politik FISIP UI).

Ada pula Dadang Tri Sasongko (Sekjen Transparancy International Indonesia), Al Araf (Direktur Eksekutif Imparsial), Apolo Safanpo (Rektor Universitas Cenderawasih), I Basis Eko Soesilo (akademisi/pengajar Hubungan Internasional FISIP Unair dan Direktur Centre for Strategic and Global Studies/CSGS), dan Kusnanto Anggoro (akademisi/pengajar FISIP UI).

Debat keempat ini diikuti oleh capres nomor urut 01 dan 02, yakni Joko 'Jokowi' Widodo dan Prabowo Subianto. Tema yang diangkat dalam debat ini adalah ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. Debat capres ini akan disiarkan secara langsung di Metro TV, Indosiar, dan SCTV. 

Baca Juga: Panelis dan Moderator Teken Pakta Integritas, Ini Aturan Debat Keempat

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya