Calo Tiket Ditangkap, Dishub Perbanyak CCTV di Terminal Bekasi

Dishub wajibkan karyawan PO menggunakan seragam dan ID Card

Bekasi, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi akan memperbanyak CCTV di Terminal Induk Kota Bekasi untuk mendeteksi kegiatan calo toket di terminal. 

Plt Kasie Bina Terminal Bidang Angkutan Dishub Kota Bekasi Andrias Sorah menjelaskan langkah ini diambil setelah tiga orang calo ditangkap pihak kepolisian pada Kamis (12/5/2022) lalu. 

"Pihak Dishub akan tetap melakukan perbaikan fasilitas Terminal Induk Kota Bekasi. Kita akan melengkapi CCTV baik di pintu masuk terminal, pintu keluar, serta di beberapa titik lainnya. Agar ada hal-hal yang tidak kita inginkan, dapat terlihat di CCTV," katanya. 

1. Petugas sulit mengidentifikasi karena calo menggunakan seragam

Calo Tiket Ditangkap, Dishub Perbanyak CCTV di Terminal BekasiSuasana Terminal Induk Kota Bekasi H-3 lebaran 2022. (IDN Times/Imam Faishal)

Sorah mengatakan tidak ada pembinaan dari petugas Dishub karena pihaknya kesulitan mengetahui mana petugas dari PO (Perusahaan Otobus) dan mana yang calo. 

"Kalau pembiaran dari petugas itu tidak ada. Karena memang di lapangan saat saya lihat itu, di depan area terminal itu yang bila ada penumpang datang, calo itu berseragam," katanya. 

Baca Juga: Transjakarta Setop Operasional Dua Rute Bus Wisata, Warga Minta Lanjut

2. PO wajib menggunakan seragam dan ID Card

Calo Tiket Ditangkap, Dishub Perbanyak CCTV di Terminal BekasiSuasana Terminal Induk Kota Bekasi H-3 lebaran 2022. (IDN Times/Imam Faishal)

Untuk membedakan calo atau petugas PO yang resmi, lanjut Sorah, pihaknya akan mewajibkan seluruh PO yang ada di Terminal Induk Kota Bekasi untuk menggunakan seragam dan ID Card resmi. 

"Jadi biar jelas karyawan PO itu siapa saja, ada kartu anggota dan seragam lengkap, bila mana ada hal-hal yang mereka lakukan mudah untuk kita menindaklanjutinya," jelasnya. 

3. Polisi tangkap tiga calo tiket

Calo Tiket Ditangkap, Dishub Perbanyak CCTV di Terminal BekasiPolisi tangkap tiga orang calo di Terminal Bekasi. Dokumen Polres Metro Bekasi Kota

Sebelumnya Polres Metro Bekasi Kota menangkap tiga orang calo yang beroperasi di Terminal Induk Kota Bekasi. Penangkapan tiga orang calo tersebut berawal dari viralnya sebuah video di media sosial yang menampilkan seorang penumpang yang ditawarkan tiket oleh calo secara paksa.

Kapolsek Bekasi Timur Kompol Rusit Malaka mengatakan tiga orang calo tersebut ditangkap pada Kamis (12/5/2022) siang. Dia juga menjelaskan akan melakukan patroli rutin agar di Terminal Bekasi bersih dari praktek calo. 

"Beberapa calo bus kita amankan, berhubungan dengan viralnya di dunia maya. Kita akan Patroli terus hingga area Terminal Induk Kota Bekasi bersih dari calo," katanya kepada wartawan, Jumat (13/5/2022). 

Baca Juga: Marak Calo Sertifikat Vaksin Booster, Satgas COVID-19: Tak Bisa Ditolerir!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya